Apa Itu Superfood? Simak Penjelasan dan Jenis-jenisnya di Sini

| 08 Oct 2023 19:05
Apa Itu Superfood? Simak Penjelasan dan Jenis-jenisnya di Sini
Ilustrasi (Maddi Bazzocco/Unsplash)

ERA.id - Apa itu superfood? Superfood merupakan jenis makanan yang penuh dengan nutrisi dan dapat menunjang kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, akan dibahas daftar makanan yang tergolong ke dalam jenis superfood beserta manfaatnya yang beragam.

Istilah “superfood” sendiri digunakan untuk makanan sehat yang unggul dalam salah satu atau beberapa nutrisi. Kelompok makanan ini tentunya sangat baik untuk kesehatan, dan bahkan beberapa terbukti bisa mengurangi risiko kemunculan penyakit kronis. Oleh sebab itu, superfood sangat direkomendasikan untuk menjadi list dalam menu makanan sehari-hari Anda. 

Daftar Pilihan Superfood yang Direkomendasikan 

Sebenarnya superfood saja tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh, karena memang tidak ada satu jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Walaupun demikian, superfood mengandung beberapa nutrisi penting dalam jumlah yang cukup banyak. Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang tergolong superfood:

Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran berdaun hijau gelap, seperti kale, pokcoy, sawi, dan bayam, tidak diragukan lagi termasuk ke dalam makanan padat nutrisi atau superfood yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Produk suplemen kesehatan, seperti spirulina, juga sering dikatakan sebagai salah satu jenis superfood dari tanaman hijau.  

Nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti kalsium, folat, vitamin C, zinc, zat besi, serat, dan berbagai senyawa antioksidan, mampu melindungi tubuh dari macam-macam penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Ikan

Ikan juga tergolong ke dalam superfood karena tingginya kandungan protein dan asam lemak omega-3 di dalamnya. Nutrisi tersebut memiliki peran penting untuk mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan otak. Jenis ikan dengan omega-3 tertinggi antara lain salmon, tuna, makarel, herring, dan sarden.

Ilustrasi ikan (Foto twitter/BKIPMPadang)

Telur

Telur adalah sumber protein yang memiliki kualitas tinggi dan juga kaya dengan nutrisi lain, misalnya vitamin A dan B, kolin, selenium, zat besi, dan fosfor. Telur juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu menunjang kesehatan mata Anda.

Sebagian orang mungkin menganggap telur tidak termasuk makanan sehat, terutama untuk jantung, sebab kabarnya makanan ini mampu meningkatkan kadar kolesterol darah. Padahal, penelitian terbaru justru menyimpulkan bahwa konsumsi 1 telur per hari mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Ilustrasi telur (Photo by Edouard Gilles on Unsplash)

Kacang dan biji-bijian

Segenggam kacang almond, kenari, pecan, pistachio, mete, atau biji bunga matahari, quinoa, biji labu, dan biji chia, dapat Anda jadikan camilan sehat. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, golongan superfood ini kaya akan serat, lemak sehat, protein, dan antioksidan yang diketahui dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan diabetes.

Alpukat

Alpukat adalah sumber serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain karena kandungan nutrisinya, makanan ini tergolong ke dalam superfood sebab diketahui mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

Legum 

Legum atau kacang-kacangan, misalnya kacang polong, kacang kedelai, atau kacang tanah, juga bisa dianggap sebagai superfood sebab memiliki kandungan nutrisi di dalamnya.

Legum mengandung protein, mineral, vitamin B, dan serat yang kaya dan membawa banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan menjaga berat badan yang sehat.

Yogurt

Pilihan superfood berikutnya yaitu yogurt. Makanan sehat ini menjadi sumber kalisum, protein, dan probiotik yang baik. Untuk menghindari asupan gula berlebih, Anda disarankan memilih yogurt tanpa rasa. Sedangkan untuk meningkatkan cita rasa yogurt dan asupan nutrisi Anda, Anda bisa menambahkan buah. 

Ubi

Ubi mengandung beragam nutrisi seperti kalium, serat, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker. Walaupun rasanya yang manis, ubi diketahui mampu mengontrol gula darah, bahkan pada penderita diabetes tipe 2, sehingga cocok dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat yang sehat.

Demikianlah ulasan tentang apa itu superfood. Namun, pastikan pilihan Anda tidak terbatas pada superfood saja. Agar asupan nutrisi Anda lengkap, variasikan menu makanan Anda dengan makanan sehat lain yang bergizi seimbang.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi