Cara Mengukur Kesehatan Mental yang Bisa Anda Pilih

| 11 Oct 2023 07:15
Cara Mengukur Kesehatan Mental yang Bisa Anda Pilih
Ilustrasi (Freepik/benzoix)

ERA.id - Salah satu faktor pendukung kebahagiaan dalam hidup adalah kesehatan mental yang baik. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang memahami kesehatan mentalnya. Lantas bagaimana cara mengukur kesehatan mental?

Penyakit mental sendiri terdiri dari banyak jenis, mulai dari depresi, gangguan makan, kecemasan, skizofrenia, hingga perilaku adiktif. Sebuah penelitian di International Journal of Family Medicine and Primary Care menyimpulkan, gangguan kesehatan mental memiliki risiko atau bahaya yang sama dengan penyakit fisik.

Keadaan tersebut tentu dapat membuat pengidapnya sengsara, bahkan menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang menjadikan isu kesehatan mental di masyarakat semakin menjadi perhatian yang penting.

Bahkan, belakangan ini sudah banyak website yang menyediakan tes kesehatan mental secara online. Namun, penting diketahui bahwa hasil tes kesehatan mental tersebut tidak dapat kita jadikan patokan yang serius tanpa adanya pengawasan dokter, psikolog, maupun psikiater.

Ilustrasi tes kesehatan mental/psikotes (Pixabay)

Cara Mengukur Kesehatan Mental

Tes kesehatan mental merupakan sebuah pengujian yang dijalankan untuk menguji fungsi pengetahuan atau kognitif seseorang.

Biasanya, tes ini dijalankan dengan memeriksa penampilan, rentang perhatian, orientasi, memori, keterampilan bahasa, dan juga keterampilan penilaian pasien.

Jenis tes ini pun beragam, mulai dari tes kepribadian, bipolar, dan psikolog.

Di bawah ini adalah cara melakukan tes kesehatan mental atau cek mental health yang bisa Anda lakukan:

Tes Sehat Jiwa

Saat ini sudah banyak website yang berisi tes kesehatan mental, oleh sebab itu Anda harus teliti dan memilih jenis tes yang terstandar serta diakui oleh pada ahli, misalnya tes sehat jiwa.

Tes sehat jiwa adalah instrumen untuk mendeteksi dini kesehatan jiwa yang sudah diakui oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan NAPZA Kemenkes RI.

Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory)

Tes MMPI atau Minnesota Multiphasic Personality Inventory merupakan tes psikologi yang dilakukan untuk mengetahui nilai kepribadian dan psikopatologi.

Melansir Frontiers in Psychology, pemeriksaan ini dilakukan untuk memahami kondisi kesehatan mental, sehingga ahli profesional dapat menentukan ada atau tidaknya gangguan mental pada orang yang mengikuti tes MMPI ini.

Selain digunakan untuk mengetahui kebutuhan dalam dunia psikologi klinis saja, tes ini juga sering dilakukan untuk kepentingan lain.

Misalnya, tes MMPI yang diterapkan pada berbagai kasus hukum. Seperti dalam kasus kriminal untuk menilai pembelaan dari tersangka atau dalam kasus penentuan hak asuh anak dengan menilai karakter dari kedua orang tua.

Ada 3 jenis tes MMPI, antara lain tes MMPI-2, tes MMPI-2-RF, dan tes MMPI-A.

Dalam tes kesehatan mental ini, responden akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan.

Jumlah pertanyaan yang harus dijawab tergantung pada tipe tes MMPI yang diambil.

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut selanjutnya akan dikonversi oleh psikiatri atau ahli psikologi klinis ke dalam bentuk laporan.

Pemeriksaan Medis Kejiwaan

Tes kesehatan mental berikutnya adalah pemeriksaan langsung yang dijalankan oleh dokter, psikolog, atau psikiater. Pemeriksaan kejiwaan rutin akan memeriksa kondisi kejiwaan pasien secara holistik dan rinci.

Adapun pemeriksaan kejiwaan darurat, lebih difokuskan pada gejala, riwayat kelainan, dan perilaku pasien saat menjelang gejala gangguan kejiwaan.

Pemeriksaan medis kejiwaan bertujuan untuk pendeteksian adanya gangguan mental dan perilaku dalam diri seseorang.

Lalui Bersama

Lalui Bersama (Laluibersama.com) adalah sistem kalkulator kesehatan mental yang dibentuk oleh kelompok Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga untuk khalayak umum.

Untuk menggunakan tesnya, Anda tidak perlu menjadi civitas universitas. Kalkulator mental Lalui Bersama memanfaatkan metode DASS (Depression, Anxiety, dan Stress Scale) yang mengharuskan Anda menjawab 21 pertanyaan.

Hasil tes dapat langsung diketahui segera setelah Anda melengkapi jawaban hingga tuntas.

Airlangga Safe Space

Saat ini, sudah terdapat banyak situs tes kepribadian psikologi online yang dapat Anda akses dengan gratis.

Tersedianya berbagai situs tes kepribadian online tentu membantu banyak orang untuk lebih mengenal diri sendiri. Salah satunya yaitu Airlangga Safe Space yang menghadirkan berbagai macam jenis tes kesehatan mental.

Demikianlah ulasan tentang cara mengukur kesehatan mental yang dapat Anda pilih. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi