Cara Pilih Ukuran Sepatu dengan Tepat Saat Belanja Online, Yuk Simak!

| 12 Mar 2023 16:05
Cara Pilih Ukuran Sepatu dengan Tepat Saat Belanja Online, Yuk Simak!
Ilustrasi cara pilih ukuran sepatu (Unsplash)

ERA.id - Meskipun belanja online bersifat praktis, cepat, dan lebih hemat, Anda juga perlu kejelian dalam melakukannya. Terutama jika berhubungan dengan soal ukuran. Dalam hal ini adalah ukuran sepatu. Lantas, bagaimana cara pilih ukuran sepatu saat belanja online? Simak caranya di bawah ini.

Cara Pilih Ukuran Sepatu saat Belanja Online

Memilih ukuran sepatu saat berbelanja online memang gampang-gampang susah. Apalagi jika Anda tidak melihat langsung fisik sepatu seperti ketika biasanya Anda membelinya di toko sepatu atau mall. Ada bermacam-macam cara mengukur ukuran sepatu yang dapat Anda jadikan pedoman sebelum membeli sepatu. Cara atau trik menentukan sepatu secara online ini dapat Anda lakukan dengan mudah.

Ilustrasi sepatu (Jaclyn Moy/Unsplash)

1. Ukur ukuran kaki pada sore hari

Ukuran kaki ternyata dapat berubah-ubah. Nah, waktu yang paling tepat untuk mengukur ukuran kaki Anda adalah sore hari. Ukuran kaki dapat mencapai ukuran yang paling melar dan tepat pada saat sore hari. Ukuran inilah yang dianggap paling pas untuk menentukan size yang sebenarnya.

2. Ukur panjang kaki dengan meteran atau penggaris

Anda dapat mengukur panjang kaki dengan menggunakan penggaris atau meteran. Tarik lurus mulai dari sisi atas dan bawah kaki hingga tumit.

Usahakan untuk mengukur panjang dan lebar kaki Anda secara pas. Untuk memberikan jarak antara kaki dan sepatu, kurangi sekitar 3/16 inc pada setiap angka. Dengan langkah ini, Anda sudah bisa memahami berapa panjang dan lebar kaki Anda.

4. Melihat table ukuran standar internasional

Pada beberapa brand, terutama label sepatu internasional, terkadang tercantum juga jenis ukuran yang tidak familiar. Misalnya UK 6 dan lain-lain. Terkait hal itu, Anda tinggal memeriksa ukuran standar internasional dan menyesuaikan dengan ukuran sepatu Anda, misalnya saja ukuran kaki Anda 23 cm yang berarti size 36, hal ini berarti setara dengan UK 6 untuk size US dan Kanada.

5. Tentukan ukuran melalui standar shoe size yang ada

Jika Anda sudah mendapatkan berapa panjang dan lebar kaki Anda, Anda tinggal melihat standar shoe size yang telah ada. Daftar ukuran umum sepatu yang biasa digunakan antara lain Size 36: 23cm, Size37: 23.5cm, Size 38: 23.8cm, SSize 39: 24.5cm, Size 40: 25.1cm, Size 41: 25,4cm, Size 42: 26.5cm, Size 43: 27.5cm, Size 44: 28.5cm, dan Size 45: 29.5cm. Nah, setelah Anda sudah memahami ukurannya, Anda tinggal tentukan jenis ukuran dan sepatu mana yang akan Anda beli.

6. Mengukur sepatu melalui feature zoom-in

Memilih sepatu di online store memang terasa riskan, sebab Anda tidak benar-benar melihat dan mencoba sepatu secara langsung. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan yaitu memilih online shop yang menyediakan feature zoom in pada setiap detail produk. Lebih baik lagi, jika store tersebut mempunyai foto produk dari berbagai angle. Jadi, selain dapat memperkirakan apakah sepatu ini cocok dengan ukuran kaki Anda atau tidak, anda juga dapat meneliti tekstur, bahan, serta warna sepatu.

7. Dengan mengamati gambar sepatu yang dikenakan oleh model

Saat Anda membeli sepatu secara online, pastikan aspek detail produk sudah Anda terima dengan baik. Selain feature zoom in, Anda juga mungkin dapat mengimajinasikan bentuk sepatu ketika dikenakan oleh model. Misalnya, Anda melihat gambar perempuan berkaki jenjang menggunakan peep-toe strappy heels, perhatikan apakah cocok untuk kaki Anda.

8. Beda model, beda ukuran sepatu

Setelah menentukan jenis atau model sepatu yang ingin dibeli, ada baiknya Anda memahami pula bahwa beda model berarti beda juga ukuran sepatu. Misalnya saja, Anda hendak membeli flat shoes, belum tentu ukurannya seperti saat Anda membeli sepatu sneakers.

Seperti halnya saat Anda membeli platform sneakers FILA yang ternyata berbeda dengan pengukuran sepatu sneakers Nike. Agar tidak salah membeli sepatu di online store, Anda dapat memilih toko yang menyediakan garansi pengembalian produk jika terdapat kesalahan ukuran sepatu.

Demikianlah penjelasan tentang cara pilih ukuran sepatu, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi