Cara Alami Agar Hamil Anak Perempuan yang Dapat Dilakukan

| 14 Oct 2023 22:05
Cara Alami Agar Hamil Anak Perempuan yang Dapat Dilakukan
Ilustrasi bayi perempuan (Unsplash/Yuri Tasso)

ERA.id - Tahukah Anda, ternyata jenis kelamin bayi ditentukan oleh kromosom yang dibawa oleh sperma? Lantas bagaimana cara alami agar hamil anak perempuan? Simak penjelasan di bawah ini.

Menurut metode Shettles yang dikembangkan oleh Dr. Landrum Shettles pada tahun 1960an, sperma kromosom X (perempuan) berenang lebih lambat dan lebih kuat daripada sperma kromosom Y (laki-laki).

Hal ini menjadikan sperma kromosom X dapat hidup lebih lama dalam tubuh calon ibu dan memperbesar peluang bagi Anda yang menginginkan hamil anak perempuan.

Meskipun terdapat kromosom yang berbeda untuk setiap jenis kelamin anak, ada hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Mengutip Mayo Clinic, tidak banyak yang dapat dilakukan oleh pasangan untuk menentukan jenis kelamin bayi yang akan lahir nantinya.

Namun, jika kromosom sperma pada pria memiliki tingkatan yang seimbang, tentu tidak ada salahnya mencoba beberapa cara yang sudah direkomendasikan para ahli.

Ilustrasi bayi (Unsplash/Minnie Zhou)

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan program agar dapat hamil anak perempuan. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan:

Berhubungan intim 2-3 hari sebelum ovulasi

Berhubungan intim di masa subur atau tepat di hari ovulasi merupakan syarat wajib agar Anda cepat hamil. Selain itu, hal ini juga disarankan sebagai salah satu cara agar bisa hamil anak laki-laki.

Namun, Anda direkomendasikan untuk tidak menunggu berhubungan intim di hari ovulasi jika memang tengah menjalani program agar hamil anak perempuan.

Alasannya adalah karena kromosom X pada sperma bergerak lebih lambat untuk mencapai sel telur. Kondisi ini diharapkan hanya akan ada sperma yang membawa kromosom perempuan yang tertinggal di rahim untuk membuahi sel telur.

Salah satu cara dilaporkan mempunyai peluang tingkat keberhasilan hingga 75 persen agar hamil anak perempuan. Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan hubungan seksual sejak siklus menstruasi telah selesai hingga dua hari sebelum waktu ovulasi.

Shettles juga merekomendasikan, sebaiknya hindari hubungan seksual jika cairan vagina sudah berwarna putih telur bersih.

Namun, Anda juga perlu memahami bahwa menghindari cara cepat hamil di atas juga bisa mengurangi peluang kehamilan.

Melakukan posisi seks khusus

Melakukan hubungan seksual dengan posisi apapun dapat membuat wanita subur hamil. Namun, sebagai salah satu cara program hamil anak perempuan, tentunya ada metode yang dapat dilakukan.

Caranya yaitu dengan melakukan posisi seks cepat hamil tertentu yang jenisnya tidak membuat penetrasi terlalu dalam.

Anda dapat melakukan posisi seks dengan tubuh yang dangkal atau biasa disebut sebagai posisi misionaris. Direkomendasikan oleh Shettles, hal ini akan memberikan kesempatan lebih besar pada sperma kromosom X agar sampai lebih dulu membuahi telur.

Hindari orgasme

Orgasme merupakan salah satu tanda bahwa Anda sudah mendapatkan klimaks dalam berhubungan seksual. Namun, Shettles menyarankan langkah lain sebagai cara program hamil anak perempuan.

Cara tersebut yaitu dengan menahan orgasme. Sebab, orgasme pada wanita dapat memicu produksi cairan pada vagina.

Cairan ini bersifat basa yang membantu sperma kromosom Y (laki-laki) bertahan hidup lebih lama. Oleh sebab itu, jika Anda ingin hamil anak perempuan, Anda harus merelakan untuk tidak orgasme saat berhubungan seksual dengan pasangan.

Namun, hal lain yang perlu Anda ketahui bahwa menahan orgasme dapat memberikan efek samping pada tubuh. Salah satunya yaitu membuat tubuh menjadi tegang.

Selain itu, belum ada bukti konkret dari penelitian bahwa mengalami atau tidak mengalami orgasme dapat berpengaruh terhadap jenis kelamin anak.

Berendam air hangat sebelum berhubungan intim

Ternyata, berendam air hangat juga dapat menjadi salah satu cara program hamil anak perempuan. Beberapa orang ternyata meyakini bahwa kromosom sperma Y tidak tahan terhadap panas.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin hamil anak perempuan, sebaiknya pihak wanita berendam di air hangat dulu sebelum melakukan hubungan intim.

Namun, perlu diketahui pula bahwa belum ada penelitian mendalam terkait hal ini sehingga belum ada bukti ilmiah secara langsung.

Menambah makanan dengan kandungan asam

Meskipun garam mempunyai manfaat kesehatan, terlalu banyak mengonsumsi garam tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi garam diklaim mampu mengurangi kesempatan Anda saat program hamil anak perempuan.

Anda direkomendasikan untuk rutin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sifat asam seperti lemon, salmon, pasta, yoghurt, daging, dan juga keju.

Hal ini diyakini akan membuat sperma kromosom X bertahan lebih lama sehingga dapat mencapai sel telur. Selain itu, coba pilih makanan yang memiliki kandungan kalsium serta magnesium tinggi. Contohnya seperti sayuran hijau, biji-bijian, alpukat, dan ikan berlemak.

Melakukan inseminasi buatan atau bayi tabung

Selain perubahan gaya hidup, ada prosedur medis yang dapat dilakukan untuk program hamil anak perempuan. Program pertama yang dapat dijadikan alternatif yaitu inseminasi buatan karena dokter spesialis dapat memilih secara langsung jenis kromosom sperma.

Setelah pemilahan, selanjutnya sperma akan diambil dan disuntikkan ke dalam rahim agar terjadi pembuahan. Sementara program kedua yang dapat dilakukan agar bisa hamil anak perempuan yaitu IVF atau bayi tabung.

Berbeda dengan prosedur sebelumnya, bayi tabung membutuhkan pengujian embrio terlebih dahulu sebelum ditaruh ke dalam rahim.

Pada proses bayi tabung ataupun inseminasi buatan, ada teknik pencucian sperma (sperm washing) yang sebenarnya merupakan rute implantasi atau penempelan janin saat kehamilan.

Namun, perlu diingat kembali bahwa sebenarnya tidak ada cara pasti untuk bisa menentukan jenis kelamin bayi Anda secara alami, termasuk ketika Anda sedang mencari cara atau tips agar dapat anak perempuan.

Hal yang perlu diingat adalah peluang hamil anak perempuan maupun laki-laki hampir sama persis untuk setiap kehamilan.

Begitu juga dengan kemungkinan keberhasilan dari metode Shettles karena kemungkinan tigkat keberhasilan hanya sekitar 2 hingga 30%.

Namun, terlepas dari apapun jenis kelamin anak Anda, yang paling penting adalah Anda bisa menjamin anak Anda tumbuh sehat dan berkembang dengan sempurna.

Demikianlah ulasan tentang cara alami agar hamil anak perempuan, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi