Ingin Punya Anak Kembar? Berikut Peluang Paling Potensial agar Usaha Berhasil

| 22 May 2024 07:05
Ingin Punya Anak Kembar? Berikut Peluang Paling Potensial agar Usaha Berhasil
Ilustrasi anak kembar. (Pixabay/Pexels)

ERA.id - Kehamilan anak kembar secara alami dapat dikatakan sebagai anugrah yang jarang didapatkan banyak orang. Kehamilan kembar dapat terjadi saat dua sel telur terpisah dibuahi di dalam rahim atau ketika satu sel telur yang sudah dibuahi terbelah menjadi dua embrio. Apakah kehamilan ini bisa diusahakan dengan cara tertentu? Nah, untuk selengkapnya, simak cara mendapatkan anak kembar di bawah ini.

Cara Mendapatkan Anak Kembar

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar peluang mendapatkan anak kembar menjadi semakin besar, melansir Medicine Net, di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

Ilustrasi (Foto: Istimewa)
  • Hamil pada usia 30-an atau lebih

Perempuan lebih memiliki potensi untuk hamil anak kembar saat berusia di atas 30 tahun. Kemungkinan ini dikarenakan adanya peningkatan produksi hormon perangsang folikel atau FSH. Hormon ini bertugas dalam hal perkembangan sel telur di ovarium.

Seiring bertambahnya usia, tingkat FSH yang lebih tinggi dibutuhkan karena harus mendapat lebih banyak stimulasi untuk pertumbuhan sel telur. Peningkatan kadar FSH karena kesuburan yang rendah terkadang menyebabkan folikel bereaksi secara berlebihan. Hal tersebut menyebabkan banyak sel telur yang lepas dan menghasilkan banyak kelahiran.

  • Mencari pasangan yang memiliki riwayat keluarga kembar

Kemungkinan besar anak-anak dari laki-laki kembar identik akan menghasilkan anak kembar identik pula. Mempunyai anak kembar fraternal di keluarga juga meningkatkan peluang seseorang untuk mendapatkan kehamilan anak kembar. Jika ada anak kembar fraternal dari pihak ayah dan ibu, peluang untuk memiliki anak kembar mungkin akan semakin bertambah.

  • Tingkatkan berat badan Bunda

Orang yang mengalami obesitas, dengan indeks massa tubuh di atas 30, mendapatkan peluang lebih besar untuk hamil kembar. Seiring dengan bertambahnya lemak tubuh, kadar estrogen atau hormon seks akan meningkat pula.

Peningkatan berat badan ini kemudian akan menimbulkan rangsangan berlebihan pada ovarium. Ovarium bisa jadi tidak hanya melepaskan satu sel telur. Meski peluang hamil kembar tetap ada, obesitas saat hamil lebih baik dihindari sebab terdapat peningkatan risiko komplikasi. Selain itu, kemungkinan hamil kembar juga bisa dipengaruhi faktor lain bagi pengidap obesitas.

  • Menyusui secara teratur

Konsepsi saat menyusui dapat menambah peluang kehamilan kembar bertambah. Menyusui diketahui dapat menurunkan kesuburan pada enam bulan pertama masa persalinan, di mana seorang ibu memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

Namun, hamil anak kembar juga dapat terjadi saat menyusui. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa tingkat kehamilan kembar pada perempuan yang tidak menyusui adalah 1,1 persen, jauh lebih rendah daripada mereka yang menyusui (11,4 persen).

  • Rutin mengonsumsi asam folat sebelum konsepsi

Banyak dokter memberikan saran bagi perempuan agar mengonsumsi suplemen asam folat sebelum dan selama kehamilan agar risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida dapat terhindar. Ada beberapa penelitian kecil yang menyimpulkan bahwa asam folat juga berpotensi meningkatkan hamil kembar.

Namun, belum ditemukan penelitian berskala besar yang mengonfirmasi bahwa hal ini meningkatkan peluang untuk mengalami kehamilan kembar. Jika Anda sedang mencoba untuk hamil, konsumsi asam folat setidaknya membantu melindungi perkembangan otak bayi ketika kehamilan didapatkan.

  • Hamil berulang kali

Hal ini sebenarnya tidak bisa dijelaskan secara pasti alasannya, tetapi memiliki satu atau beberapa kehamilan sebelumnya akan menambah peluang Anda untuk mendapatkan kehamilan anak kembar. Ada spekulasi bahwa hal ini mungkin terjadi karena pada saat Bunda hamil kedua atau setelahnya, usia Anda mungkin sudah lebih dari 30 tahun.

  • Mengonsumsi produk susu

Mengonsumsi banyak produk susu juga dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar karena hormon pertumbuhan yang terkandung dalam susu menyebabkan perubahan tingkat hormonal. Melansir situs resmi Healthline, sebuah penelitian lama menemukan bahwa perempuan yang vegan atau tidak mengonsumsi produk susu, akan melahirkan anak kembar dengan persentase 1/5 dibandingkan perempuan yang rutin mengonsumsi produk susu.

Itulah beberapa cara mendapatkan anak kembar yang dapat Anda lakukan. Tentunya boleh-boleh saja mengupayakan kelahiran anak kembar, tetapi sebaiknya usahakan juga agar kehamilan yang didapatkan terjaga dengan sehat dan aman.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi