Jenis Teh untuk Asam Lambung yang Dapat Menjadi Pilihan

| 29 Oct 2023 09:05
Jenis Teh untuk Asam Lambung yang Dapat Menjadi Pilihan
Ilustrasi Teh untuk Asam Lambung. (Unsplash/Egor Lyfar)

ERA.id - Penyakit asam lambung pada umumnya memang terdengar seperti masalah biasa. Namun, dalam jangka panjang, penyakit ini dapat menyebabkan kesengsaraan bagi penderitanya.  Kondisi ini diakibatkan oleh asam lambung yang mengalir ke kerongkongan. Seseorang yang mengalami kondisi ini bis ajadi mengalami mulas, sakit tenggorokan, terbakar, sendawa dengan intensitas yang sering, atau bahkan regurgitasi serta membawa makanan kembali sebagai gejala refluks asam. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis teh untuk asam lambung.

Lantas, apa saja jenis teh yang dikonsumsi untuk asam lambung? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Teh untuk Asam Lambung

Ilustrasi (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Teh Chamomile

Melansir healthline.com, teh chamomile yang memiliki aroma harum merupakan anggota dari keluarga Asteraceae. Keluarga tanaman ini juga tergolong sebagai aster, bunga matahari, dan krisan. Bunga chamomile dimanfaatkan untuk membuat teh dan ekstrak. Teh chamomile secara populer dikenal untuk mengurangi kecemasan dan membantu orang tertidur. Jenis teh ini juga digunakan untuk meredakan sakit perut dan juga beberapa masalah pencernaan yang lain. 

Chamomile juga sudah lama populer sebagai anti-inflamasi. Dalam secangkir teh chamomile mungkin dapat memberikan manfaat yang sama seperti halnya mengonsumsi NSAID yang dijual bebas, seperti aspirin. Ramuan ini juga memiliki kegunaan untuk meredakan gejala kecemasan dan depresi. Dalam sebuah studi pada tahun 2009 ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak chamomile dosis harian mengalami pengurangan gejala kecemasan hingga 50 persen. Sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2012 juga menyimpulkan bahwa suplemen chamomile setiap harinya dapat meredakan gejala depresi.

Teh Licorice

Akar alami yang mempunyai rasa sedikit manis ini sudah lama diyakini untuk perawatan gangguan perut. Selain membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan, akar licorice juga membantu mengurangi risiko bisul, tetapi juga membantu produksi lendir di perut Anda yang dapat melindungi lapisan perut dan melindunginya dari asam.

Beberapa fakta bahwa licorice juga mengandung sifat penenang untuk membantu seseorang merasa tetap rileks. Akar kecil yang sejuk ini juga menjadi senjata rahasia yang luar biasa dalam memerangi asam. Akar licorice juga memiliki kandungan asam glycyrrhizic yang mampu membantu memperbaiki lapisan perut dan menyeimbangkan sistem pencernaan.

Teh jahe

Mengutip myteadrop.com, jenis rempah berupa akar yang pedas ini termasuk herbal yang dapat membantu untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, akar jahe juga menjadikan teh yang lezat dan dapat mengobati beberapa penyakit.  Teh jahe mempunyai kekuatan pencernaan yang kuat dan bisa membantu dalam segala hal, mulai dari mengurangi kembung sampai menghilangkan mual dan mengurangi pembengkakan dalam sistem pencernaan. Hal ini terutama disebabkan oleh sifat anti-inflamasinya dan manfaat tambahan gingerol dan shogaol yang ditambahkan ke dalam campuran.

Teh Adas

Melansir myteadrop.com, teh adas adalah suguhan yang baik untuk seseorang yang menderita asam lambung. Teh yang mengandung serat ini dapat dimanfaatkan untuk perawatan sistem pencernaan karena dapat membantu mengatasi kelebihan gas yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh refluks asam.  Teh ini juga memelihara sistem pencernaan Anda yang mampu mengurangi risiko untuk terkena asam lambung. Adas juga mengandung segudang sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan pada saluran pencernaan.

Teh Akar Marshmallow

Teh akar marshmallow memiliki manfaat untuk melapisi lapisan pencernaan seseorang, dengan memberikan lapisan yang lembut dan meredam naiknya asam. Teh akar marshmallow yang lembut tidak hanya mampu mempertebal lapisan pencernaan, tenggorokan, dan kerongkongan Anda, tetapi juga mampu mengurangi peradangan dan mengistirahatkan otot-otot yang terlampau kaku.

Demikianlah ulasan tentang jenis teh untuk asam lambung yang dapat Anda konsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi