Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Sakit Perut, Simak Daftarnya di Sini

| 19 Nov 2023 18:00
Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Sakit Perut, Simak Daftarnya di Sini
Ilustrasi (Eiliv-Sonan Aceron/Unsplash)

ERA.id - Saat Anda mengalami sakit perut tentu rasanya sangatlah tidak nyaman. Selain mengonsumsi obat, ada beberapa makanan yang cocok dikonsumsi saat sakit perut menyerang. Apa saja jenis makanannya? Simak daftarnya di bawah ini.

Sakit perut dapat terjadi karena beberapa hal. Rasa sakit pada bagian perut ini bisa terjadi karena makan tidak teratur, lambung mengalami peradangan atau infeksi bakteri yang dikarenakan makanan. Gejala sakit perut juga bisa beragam, misalnya perut kembung, nyeri pada bagian perut hingga rasa mual yang berlebihan.

Melansir Health (15/11), di bawah ini adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk menghilangkan rasa sakit perut:

Air kelapa

Selain memiliki kandungan elektrolit yang dapat menghidrasi tubuh dengan cepat dan efisien, air kelapa juga berpotensi meredakan sakit perut karena maag. Itulah sebabnya beberapa dokter gastroenterologi merekomendasikan air kelapa untuk diminum oleh pasien ketika mengalami sakit perut.

Air kelapa mengandung gula alami yang mencukupi kalori untuk energi tubuh. Air kelapa juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Selain bagian airnya, daging buah kelapa muda juga dapat dikonsumsi karena memiliki tekstur yang lembut. Namun, pastikan Anda memilih kelapa yang masih muda.

Pisang

Pisang kerap kali direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sakit perut, terutama bagi penderita maag. Buah yang memiliki daging lembut ini mengandung asam yang rendah sehingga membantu menurunkan kadar asam lambung. Robynne Chutkan, MD, asisten profesor di divisi gastroenterologi di Georgetown University Hospital di Washington, DC menjelaskan pisang memiliki kandungan potasium yang diperlukan saat seseorang mengalami dehidrasi akibat muntah.

Pisang juga memiliki kandungan gula sehingga dapat menjadi asupan kalori saat Anda tak mampu mengasup banyak makanan. Tekstur pisang yang lembut juga menjadikan buah ini mudah disantap dan dicerna. Selain itu, pisang juga mengandung serat yang tinggi dan bekerja untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Ilusrasi banana bread atau roti pisang (Pexels/Alleksana)

Sup

Kaldu merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi sakit perut. Kuah kaldu sup dapat menghidrasi tubuh sehingga menjadikan perut Anda terasa lebih nyaman. Sup hangat yang dikombinasikan dengan campuran sayuran juga mudah dicerna oleh tubuh.

Teh herbal

Selain makanan, ada juga minuman yang dapat meredakan sakit perut. Untuk memberi efek tenang pada lambung, Anda dapat memilih teh tanpa kafein. Anda dapat memilih teh chamomile, salah satunya.

Teh Chamomile bisa jadi pilihan karena diyakini mengurangi peradangan serta memberikan efek menenangkan. Namun, tidak semua teh herbal dapat dikonsumsi untuk penderita gangguan pada sistem pencernaan. Salah satu yang harus dihindari yaitu teh peppermint. Meskipun mampu redakan mual, tetapi teh peppermint justru dapat menimbulkan rasa mulas.

Roti

Saat sakit perut menyerang karena telat makan, Anda dapat mengonsumsi roti langsung atau mengolahnya menjadi roti panggang. Roti menjadi makanan yang aman untuk dikonsumsi karena tidak menimbulkan refluks asam lambung.

Roti juga cenderung mudah dicerna, tidak seperti makanan berlemak tinggi yang sulit dicerna sehingga menjadikan perut semakin tak nyaman. Anda dapat mencoba makan roti tawar tanpa tambahan selai atau mentega hingga kondisi perut tak lagi sakit.

Demikianlah ulasan tentang makanan yang cocok dikonsumsi saat sakit perut. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi