5 Tanaman Herbal untuk Asam Lambung, Cermati Dulu Sebelum Memanfaatkannya

| 30 Dec 2022 20:02
5 Tanaman Herbal untuk Asam Lambung, Cermati Dulu Sebelum Memanfaatkannya
Ilustrasi orang dengan gangguan asam lambung (freepik)

ERA.id - Berbagai penyakit bisa terjadi saat jumlah asam lambung berlebihan, seperti maag dan GERD. Obat untuk mengatasi masalah ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek. Namun, Anda juga bisa menggunakan tanaman herbal untuk asam lambung.

Beberapa orang lebih memilih menggunakan bahan alamim demi menghindari atau membatasi paparan bahan kimia. Ada pula yang merasa penyakitnya belum menunjukkan tanda kesembuhan, padahal telah mengonsumsi obat konvensional. Dikutip Era dari SehatQ, berikut adalah beberapa tanaman untuk gangguan asam lambung.

Berbagai Jenis Tanaman Herbal untuk Asam Lambung

       ·         Jahe

 Ilustrasi jahe (freepik)

Jahe mampu menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah peradangan. Cara memanfaatkan jahe untuk mengatasi asam lambung adalah mengunyah satu potong jahe atau menjadikannya jus.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah memasukkan potongan jahe ke air hangat, kemudian tunggu hingga sari-sari jahe menyatu dengan air hangat. Catatannya, jangan konsumsi jahe secara berlebih! Konsumsi jahe lebih dari 5 gram per hari bisa memperparah gangguan asam lambung.

·         Jus lidah buaya

Lidah buaya bersifat menenangkan dan mendinginkan untuk meredakan peradangan. Sebagain pihak percaya bahwa efek tersebut bermanfaat untuk gangguan asam lambung. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, mampu meningkatkan fungsi organ pencernaan, dan membuang racun dari tubuh.

Dilansir Healthline, berdasarkan penelitian terbaru, sari lidah buaya yang telah dimurnikan dan dihilangkan warnanya bisa menjadi obat untuk mengurangi gejala refluks asam lambung.

Namun, jus lidah buaya yang dibuat tanpa menghilangkan warnanya mengandung antrakuinon yang bisa memicu diare. Jadi, penggunaan bahan alami ini harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian! Selain itu, bahan ini tidak boleh digunakan oleh ibu hami sebab meningkatkan risiko keguguran. Beberapa orang juga tidak mampu menoleransi beberapa bentuk lidah buaya sehingga mengalami efek samping.

·         Kunyit

Kunyit membantu melindungi sel-sel mukosa di kerongkongan dari kerusakan akibat asam lambung yang naik. Hal ini merupakan manfaat yang didapatkan dari sifat antiradang yang ada pada senyawa kurkumin.

Kandungan lain dari kunyit adalah senyawa bioaktif kurkumin yang diperkirakan punya efek baik bagi sistem pencernaan. Cara pemanfaatan kunyit ada cukup banyak, misalnya mencampurkan bubuk kunyit ke makanan atau menyeduhnya bubuk kunyit dengan air hangat untuk langsung diminum.

Perlu diingat bahwa bukti ilmiah terkait manfaat kunyit sebagai obat lambung masih terbatas. Oleh sebab itu, Anda haru berhati-hati.

·         Pisang

Makanan dengan pH rendah (bersifat asam) lebih mungkin memicu refluks asam lambung dibanding makanan dengan pH tinggi (bersifat basa). Makanan bersifat basa bisa membantu mengimbangi asam lambung (bersifat asam).

Pisang adalah salah satu makanan bersifat basa (alkali) yang bisa dikonsumsi untuk membantu proses penetralan asam lambung. Peningkatan pH di saluran pencernaan bisa meringankan gejala tidak nyaman akibat peningkatan asam lambung. Buah lain yang baik untuk asam lambung adalah apel, pir, semangka, dan pepaya.

·         Wortel

Umbi-umbian ini bekerja seperti pisang. Wortel termasuk makanan alkali yang bisa membantu menetralkan asam lambung. Konsumsi jus wortel saat GERD kambug mungkin memang tidak berefek secara cepat dan tuntas. Namun, jus wortel termasuk makanan yang aman asam lambung. Selain itu, wortel bisa meringankan gejala GERD secara bertahap.

Itulah beberapa contoh tanaman herbal untuk asam lambung. Demi mencegah gangguan asam lambung kembali datang, gaya hidup sehat harus diperhatikan. 

Rekomendasi