Ragam Rebusan Herbal untuk Asam Lambung, Mengatasi GERD dengan Bahan Alami

| 17 Dec 2023 17:00
Ragam Rebusan Herbal untuk Asam Lambung, Mengatasi GERD dengan Bahan Alami
Jahe, salah satu rebusan herbal untuk asam lambung (pexels)

ERA.id - Naiknya asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat menyebabkan rasa nyeri pada area perut, bahkan membuat dada seperti terbakar. Anda bisa mengatasinya dengan rebusan herbal untuk asam lambung.

Perlu dikeketahui bahwa GERD tidak sama dengan penyakit mag. Umumnya penyakit mag menyebabkan rasa tidak nyaman di perut bagian atas. Sementara, GERD adalah naiknya asam lambung ke tenggorokan dan menyebabkan nyeri di ulu hati atau sensasi terbakar di dada.

Rebusan Herbal untuk Asam Lambung

  • Jahe

Jahe mengandung zat fenolik yang bisa menjadi obat untuk asam lambung. Jahe bisa membantu meredakan nyeri saat asam lambung naik. Jahe bisa memberikan efek menenangkan dan menyeimbangkan kadar asam lambung.

Jahe juga memiliki manfaat lain, salah satunya menjaga kesehatan secara umum dan menghangatkan badan. Cara mengonsumsinya adalah merebus jahe yang telah dimemarkan hingga mendidih. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membuat susu jahe agar rasa dan manfaatnya lebih mantap.

  • Biji jintan

Nyeri pada perut atas dan rasa terbakar di dana bisa terjadi saat asam lambung kambuh. Hal ini bisa diatasi dengan merebus biji jintan.

Biji jintan dikenal punya beragam manfaat kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat alami asam lambung naik. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih banyak, Anda bisa menambahkan kapulaga, jahe, dan cengkeh saat merebus biji jintan.

Ilustrasi biji jintang (pexels)
  • Daun kemangi

Secara umum, daun kemangi dikenal sebagai salah satu lalapan pelengkap makan. Ternyata, daun ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi asam lambung.

Daun kemangi bisa digunakan menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan lambung. Cara memanfaatkan daun kemangi sebagai obat asam lambung cukup mudah. Anda cukup merebus 3—4 lembar daun kemangi tanpa dicampur dengan bahan lain.

  • Kunyit

Pemanfaatan kunyit sebagai obat asam lambung bisa beragam, misalnya mencampurkan sebagai bahan masakan. Cara yang lain, Anda bisa mencoba teh kunyit yang bisa ditemukan dipasaran. Teh kunyit mengandung antioksidan dan antiradang yang bisa mengatasi masalah asam lambung.

Untuk diketahui, kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa pemberi warna kuning yang berfungsi sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker. Senyawa inilah yang membuat kunyit dipercaya bisa merdakan asam lambung, yaitu dengan mengurangi jumlah dan kadar keasaman cairan di lambung.

Selain itu, antioksidan polifenol yang dimiliki kunyit bisa mencegah peradangan pada kerongkongan yang bisa memicu asam lambung dan mengatasi gastritis (penyakit akibat luka pada lambung). Ini adalah penyakit yang bisa memicu mual, kembung, dan muntah.

Selain bahan-bahan tersebut, ada beberapa obat herbal untuk asam lambung lainnya. Anda bisa membaca artiket yang telah kami buat soal hal tersebut. Namun perlu diingat, sebelum mencoba semua bahan-bahan di atas Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Itulah berbagai informasi mengenai rebusan herbal untuk asam lambung. Ikuti terus berita terbaru Era.id untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Rekomendasi