7 Obat Tidur Alami yang Mampu Akhiri Insomnia

| 26 Oct 2023 22:35
7 Obat Tidur Alami yang Mampu Akhiri Insomnia
Susu, salah satu obat tidur alami (pexels)

ERA.id - Insomnia sangat mengganggu dan berisiko datangkan berbagai jenis penyakit. Untuk mengatasi kondisi ini Anda bisa menggunakan berbagai trik, salah satunya memanfaatkan obat tidur alami.

Obat tidur alami dinilai lebih aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia buatan. Selain itu, bahan-bahannya juga lebih mudah didapatkan. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut.

Berbagai Jenis Obat Tidur Alami

1.    Makanan mengandung melatonin

Melatonin adalah hormon yang berfungsi mengendalikan ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah pola yang mengatur fungsi tubuh selama 24 jam, termasuk waktu tidur dan waktu bangun.

Melatonin dihasilkan oleh tubuh secara alami. Namun, kita juga bisa mendapatkannya melalui beberapa jenis makanan, seperti buah ceri, telur, dan goji berry.

2.    Akar valerian

Penelitian yang dipublikasikan The American Journal of Medicine (2006) menjelaskan bahwa konsumsi 300–900 miligram suplemen atau ekstrak akar valerian sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Insomnia bisa diatasi dengan hal ini.

Suplemen akar valerian aman jika dikonsumsi dalam jangka pendek. Selain itu, obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

3.    Susu

Susu mampu membantu meningkatkan produksi hormon melatonin di tubuh sehingga bisa membantu Anda untuk tidur. Demi mendapatkan manfaat optimal, pilihlah susu yang sudah melalui proses pasteurisasi dan mengandung gula serta lemak rendah. Anda juga harus memastikan bahwa diri Anda tidak punya riwayat intoleransi laktosa.

4.    Makanan berkarbohidrat

Konsumsi makanan berkarbohidrat secukupnya bisa memicu kantuk. Karbohidrat bisa memudahkan zat pengatur tidur masuk ke otak sehingga seseorang cepat mengantuk. 

Konsumsi makanan berkarbohidrat sebelum tidur juga bisa meningkatkan indeks glikemik untuk membuat tidur lebih berkualitas dengan durasi lebih lama. Namun, waktu konsumsi makanan ini maksmimal 3 jam sebelum tidur agar tidak memicu masalah pencernaan, misalnya GERD dan kembung.

Untuk menjaga keamanan kesehatan, pilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, seperti jagung, roti gandum, oatmeal, kentang, dan kacang-kacangan. Selain itu, pola ini perlu dihindari oleh orang dengan diabetes, atau setidaknya telah berkonsultasi dengan dokter.

Kacang tanah, salah satu makanan berkabohidrat sebagai obat tidur alami (pexels)

5.    Lavender

Bunga lavender memiliki aroma yang mengandung linalool. Senyawa ini bisa berinteraksi dengan senyawa kimia GABA yang ada di otak untuk membuat tubuh lebih rileks. Aroma bunga lavender juga bisa membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah untuk merangsang kantuk.

6.    Makanan mengandung glycine

Glycine termasuk salah satu asam amino yang berperan penting dalam sistem saraf tubuh. Asam amino ini juga diyakini bisa membantu mengatasi kesulitan tidur malam. Dilansir jurnal Sleep and Biological Rhythms, glycine bisa membantu tidur dengan cepat dan berkualitas. Beberapa jenis makanan dengan kandungan glycine adalah telur, ikan, kacang polong, dan bayam.

7.    Teh chamomile

Teh chamomile bisa membantu meningkatkan produksi hormon melatonin di tubuh untuk merangsang rasa kantuk. Hal ini cukup mirip dengan cara kerja susu. Teh chamomile juga bisa merilekskan tubuh dan meredakan kecemasan sehingga kualitas tidur bisa semakin baik.

Itulah berbagai jenis obat tidur alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi insomsia. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi