Susah Tidur Malam? Berikut Jenis Obat Tidur di Apotek yang Bisa Anda Konsumsi

| 23 Oct 2022 18:15
Susah Tidur Malam? Berikut Jenis Obat Tidur di Apotek yang Bisa Anda Konsumsi
Ilustrasi obat (Pexels/Polina Tankilevitch)

ERA.id - Pada malam hari beberapa orang mengalami kesulitan tidur. Hal ini tentunya akan mengundang gangguan kesehatan jangka panjang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur atau insomnia. Namun, yang paling banyak dilakukan pada umumnya adalah dengan mengonsumsi obat tidur.

Apa yang dimaksud dengan obat tidur?

Ilustrasi tidur (Alexandra Gorn on Unsplash)

Obat tidur kebanyakan dikelompokkan sebagai hipnotik sedatif, yaitu golongan obat khusus yang dimanfaatkan untuk menginduksi maupun mempertahankan tidur. Walaupun obat tidur dapat digunakan dalam jangka waktu pendek, tetapi hal ini berpotensi mengakibatkan ketagihan dan menimbulkan permasalahan dengan memori serta perhatian.

Pada umumnya, obat ini tidak direkomendasikan untuk mengatasi masalah tidur jangka panjang. Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dulu hal ini kepada dokter untuk menentukan dosis dan efek samping yang bisa saja terjadi.

Jenis-jenis obat tidur di apotek

Beberapa orang memang mengeluhkan kesulitan tidur pada malam hari atau insomnia. Namun jika Anda menjalankan olahraga rutin, serta menjauhi alkohol dan nikotin, tentu saja Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas dan insomnia bisa dicegah.

Apa saja obat tidur di apotek yang dapat Anda konsumsi? Dilansir dari Medical News Today, simak penjelasannya berikut:

Obat tidur melatonin

Pada malam hari, otak akan menghasilkan hormon yang bernama melatonin. Hormon ini berfungsi untuk mengatur siklus tidur seseorang hingga bangun di pagi hari dengan memberi tanda pada tubuh seperti mengantuk.

Produksi hormon melatonin pada otak akan lebih sedikit saat Anda terbangun dan lebih banyak diproduksi saat tidur. Selain itu, usia juga berperan dalam produksi hormon melatonin ini. Semakin tua seseorang, semakin sedikit hormon melatonin yang bisa dihasilkan.

Obat insomnia yang memiliki kandungan melatonin cenderung efektif bagi orang yang mengalami gangguan tidur ritme sirkadian, yaitu permasalahan dengan waktu tidur maupun bangun. Hormon melatonin sendiri sangat bermanfaat bagi orang yang sedang mengalami jet lag, sulit tidur di malam hari, dan orang yang mendapatkan pekerjaan shift.

Sementara itu, dalam beberapa tahun terakhir, produsen sudah memasarkan produk “relaksasi” berupa makanan ringan dan minuman yang mengandung melatonin.

Suplemen melatonin tanpa resep dapat Anda temukan di apotek, supermarket, ataupun toko online. Obat yang digunakan oleh orang yang sulit tidur ini biasanya mengandung dosis 1-5 miligram (mg), dan diminum sebelum tidur.

Obat tidur antihistamin

Antihistamin juga dapat digunakan untuk membantu orang yang sulit tidur saat malam hari. Beberapa antihistamin, umumnya digunakan orang untuk mengobati alergi dan memberikan efek kantuk.

Walaupun tidak semua antihistamin menimbulkan efek ini, terkadang orang memanfaatkan antihistamin generasi pertama untuk membantu tidur atau menghilangkan ketegangan dan kecemasan.

Antihistamin generasi pertama antara lain:

·         Cyclizine, bahan aktif di Marezine

·         Diphenhydramine, bahan aktif dalam Benadryl

·         Doxylamine, bahan aktif di Unisom

Sedangkan, antihistamin generasi kedua cenderung tidak menimbulkan kantuk. Obat insomnia ini berfungsi untuk mengobati gejala alergi untuk jangka panjang, dan tidak efektif dijadikan sebagai obat tidur. Berikut adalah antihistamin generasi kedua nonsedasi:

·         Loratadine, bahan aktif di Claritin

·         Setirizin, bahan aktif di Zyrtec

·         Fexofenadine, bahan aktif di Allegra

Bisa jadi, seorang dokter merekomendasikan antihistamin penenang, tetapi hanya bersifat sebagai solusi jangka pendek. Walaupun tidak membuat ketagihan, dengan cepat tubuh akan terbiasa, sehingga seiring waktu efektifitasnya berkurang. 

Obat tidur akar valerian

Valerian dikenal sebagai tanaman berkhasiat yang digunakan sejak zaman Yunani dan Roma kuno. Akar valerian merupakan bahan umum dalam suplemen herbal yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas tidur, meredakan kecemasan, dan mendukung relaksasi.

Obat susah tidur jenis ini diproduksi dalam berbagai bentuk, seperti teh, cairan, dan kapsul.

Obat tidur berbahan dasar akar valerian dapat Anda temukan di apotek, toko makanan kesehatan, maupun toko online.

Demikianlah penjelasan tentang obat tidur di apotek yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan insomnia. Meskipun demikian, akan lebih baik jika Anda mengonsultasikannya terlebih dulu kepada dokter.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi