6 Buah Warna Merah untuk Menambah Kekuatan dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Apa Saja?

Tim Editor

Stroberi (Foto: Pexels/Oleg Magni)

ERA.id - Buah-buahan terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain mencukupi gizi harian, buah bisa mencegah penyakit. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setidaknya 400 gram/hari supaya tetap sehat. Ternyata, mengonsumsi buah juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Rinki Kumari, Kepala Ahli Diet dari Rumah Sakit Fortis mengatakan ada banyak buah merah untuk dipilih yang membantu meningkatkan kesehatan. Mulai dari penyakit jantung, kanker prostat, hingga risiko stroke.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, sebaiknya konsumsi buah-buahan berwarna merah. Mengonsumsi buah-buahan warna merah dipercaya bisa menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tubuh tetap kuat. Berikut 6 buah warna merah yang meningkatkan kekebalan tubuh, seperti dilansir dari Health Shots.

1. Stroberi

Stroberi (Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich)
Stroberi (Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich)

Stroberi adalah sumber folat dan asam folat yang fantastis dapat meningkatkan kesehatan jantung dan bermanfaat bagi wanita di masa subur.  Stroberi juga merupakan sumber antioksidan yang baik, pembangkit tenaga vitamin C, hingga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan ekstra, cobalah menaburkan stroberi pada sereal atau menggabungkan stroberi beku dalam smoothie dengan susu skim dan yogurt beku.

2. Ceri

Ceri kaya serat karena kulitnya, juga tinggi vitamin C dan potasium, yang membantu menjaga tekanan darah. Ceri adalah tambahan yang bagus untuk campuran sereal.

3. Semangka

Semangka (Foto: Pexels/Any Lane)
Semangka (Foto: Pexels/Any Lane)

Sepotong semangka terdiri dari 92 persen air, dan merupakan cara yang bagus untuk tetap terhidrasi di hari musim panas. Ini juga tinggi antioksidan seperti beta-karoten, vitamin C, dan likopen. Dengan menurunkan kolesterol LDL, likopen dan mengurangi risiko penyakit jantung.


Kumari berkata semangka bisa menurunkan kemungkinan penyakit tertentu, terutama kanker prostat, serta degenerasi makula. Ini juga meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko stroke.

4. Delima

Buah eksotis ini kaya akan polifenol, antioksidan yang dikaitkan dengan pencegahan kanker dan penyakit jantung. Menurut penelitian, buah delima memiliki antioksidan kuat tiga kali lebih banyak daripada teh hijau dan anggur merah.

5. Apel

Apel (Foto: Pexels/Pixabay)
Apel (Foto: Pexels/Pixabay)

Apel kaya akan polifenol dan dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Tinggalkan kulit apel jika ingin mendapatkan serat dan polifenol yang maksimal. Apel kaya akan serat dan vitamin C. Ini merupakan sumber keduanya yang sehat.

Polifenol juga hadir menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Apel juga membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara karena kandungan seratnya yang tinggi.

6. Anggur

Anggur juga mengandung vitamin B dan A. Anggur tinggi antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Resveratrol dan fitokimia yang ada dalam kulit anggur merah, tampaknya melindungi dari sejumlah penyakit kronis dan penyakit.

Tag: manfaat makanan makanan sehat buah meningkatkan kekebalan tubuh buah meningkatkan imun makanan bergizi

Bagikan: