Cara Konsumsi Quinoa Beras dari Peru, Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan

| 01 Nov 2023 23:05
Cara Konsumsi Quinoa Beras dari Peru, Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan
Cara konsumsi quinoa (Freepik)

ERA.id - Quinoa merupakan makanan sehat yang kerap disarankan untuk menu sarapan yang ideal. Biji-bijian tinggi protein ini kerap jadi makanan untuk diet karena bisa menjadi pengganti nasi. Namun pengolahan makanan ini harus dilakukan secara tepat agar untuk hindangan yang bergizi dan lezat. Lantas bagaimana cara konsumsi quinoa dan memasaknya?

Quinoa adalah beras kecil khas Peru dan disebut menjadi tanaman suci bagi Suku Inca. Quinoa dideklarasikan oleh PBB pada tahun 2013 sebagai salah satu biji-bijian kaya nutrisi. Bijian ini tidak hanya mengandung banyak protein nabati, namun juga menyimpan vitamin, serat, minimal, dan bebas gluten. 

Mengonsumsi quinoa saat pagi bisa memberikan energi dan nutrisi yang baik untuk memulai hari. Bagi Anda yang tengah menjalani diet atau mencari alternatif menu sehat baru maka perlu tahu cara konsumsi quinoa dan manfaatnya. 

Cara konsumsi quinoa (Freepik)

Cara Konsumsi Quinoa 

Mungkin Anda baru mengetahui makanan quinoa atau mulai mencobanya, masih bingung bagaimana cara pengolahannya. Supaya hidangan tersaji lezat tanpa menghilangkan nutrisinya, berikut ini cara memasak quinoa yang dapat Anda terapkan.

Bilas Quinoa

Quinoa harus disiapkan dalam kondisi bersih sebelum memasaknya. Anda dapat membilas quinoa dengan air mengalir untuk menghilangkan saponin pahit. Anda juga bisa mencucinya menggunakan saringan dari jaring halus atau kain katun tipis. Setelah quinoa terbilas bersih, selanjutnya tiriskan dengan saringan atau tutup agar airnya hilang. 

Perbandingan Air untuk Memasak Quinoa

Memasak quinoa juga membutuhkan air seperti untuk memasak nasi. Perbandingan air untuk memasak quinoa yakni 2:1. Jika memakai satu cangkir quinoa maka Anda perlu menambah dua cangkir air. Apabila ingin quinoa memiliki tekstur lebih lembut, maka tambahkan lebih banyak air. 

Memasak Quinoa

Selanjutnya Anda tinggal memasak quinoa menggunakan panci. Kemudian taburi sejumput garam untuk menambah rasa sedap quinoa. Masak quinoa dengan panas atau api tinggi sampai mendidih. Biarkan quinoa dalam panci sampai matang hingga air terserap seluruhnya, membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit. 

Mendiamkan dan Fluff Quinoa

Setelah quinoa dalam panci sudah matang, diamkan selama beberapa menit. Kemudian tusuk-tusuk quinoa memakai garpu agar butir-butirnya terpisah. Proses ini dikenal dengan istilah ‘fluffing’ yang membuat quinoa lebih renyah. 

Menyajikan Quinoa

Jika quinoa sudah matang dan siap disajikan, Anda bisa menghidangkannya dengan berbagai cara kreatif. Quinoa memiliki rasa ringan dan konsisten sera kenyal. Anda bisa menaburi quinoa dengan topping seperti irisan alpukat, potongan buah segar, telur rebus, sayuran kukus, dan lainnya. Apabila menyukai rasa manis, Anda bisa menambahkan madu atau kayu manis.

Manfaat Quinoa untuk Kesehatan

Quinoa disebut-sebut sebagai superfood karena mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi quinoa akan memberikan sejumlah efek positif sebagai berikut ini:

Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat tinggi yang terdapat pada quinoa dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat berperan untuk melancarkan pencernaan sehingga tubuh dapat mengolah makanan dengan baik. Hal ini akan membuat liver menarik kolesterol dalam darah untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). 

Anti Peradangan

Quinoa mengandung nutrisi-nutrisi yang bisa menjadi pengganti anti-peradangan. Adanya polisakarida, phenolic acid, dan vitamin E dapat membantu menurunkan risiko peradangan. 

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi satu cangkir quino dapat memenuhi 21 persen kebutuhan serat harian sehingga berperan baik untuk kesehatan pencernaan. Quinoa bersifat mudah dicerna dibandingkan biji-bijian lainnya. 

Mencegah Diabetes dan Hipertensi

Sebuah penelitian di Brasil menyebutkan bahwa quinoa mengandung antioksidan quercetin yang tinggi, sehingga bisa berperan mengontrol hipertensi dan diabetes. Aktivitas antioksidan tersebut dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menjaga tekanan darah tetap normal. 

Demikianlah ulasan mengenai cara konsumsi quinoa dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Biji-bijian ini bisa menjadi menu sehat untuk sarapan pagi maupun orang-orang yang sedang menjalani program diet. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi