Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Tubuh dan Cara Pembuatannya

| 25 Jan 2023 07:05
Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Tubuh dan Cara Pembuatannya
Jamu beras kencur. (Foto Antara)

ERA.id - Masyarakat Indonesia tentunya sudah lama mengenal dan mengonsumsi jamu beras kencur. Ramuan tradisional ini diyakini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, sampai pencegahan beberapa penyakit tertentu. Artikel ini akan membahas manfaat jamu beras kencur secara mendalam.

Sesuai dengan namanya, jamu beras kencur terbuat dari bahan beras dan rimpang kencur yang dihaluskan. Manfaat yang diberikan jamu beras kencur tentunya tidak lepas dari kandungan nutrisi dua jenis herbal tersebut.

Ilustrasi jamu beras kencur. (Foto: Pixabay)

Beras sendiri memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan kalium, serta beberapa vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Adapun rimpang kencur mengandung flavonoid, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, mangan, dan zinc.

Manfaat Jamu Beras Kencur

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat jamu beras kencur yang dapat Anda peroleh:

Antikanker

Dari beberapa penelitian, jamu beras kencur diduga memiliki kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker, misalnya kanker lambung, kanker mulut, kanker usus besar, dan multiple myeloma.

Antiradang

Dalam pengobatan tradisional, jamu beras kencur diyakini dapat menghilangkan sakit perut dan sakit gigi. Semua ini karena beras kencur memiliki efek antiradang yang bisa menghambat faktor inflamasi.

Antioksidan

Jamu beras kencur juga memiliki kandungan flavonoid. Antioksidan ini membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang menimbulkan beberapa penyakit, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mengurangi risiko serangan penyakit jantung serta pembuluh darah (kardiovaskular).

Antibakteri

Dari sebuah penelitian, kandungan kencur dalam jamu beras kencur dapat membasmi berbagai jenis bakteri penyebab penyakit, misalnya bakteri Pseudomonas aeruginosa, Aspergillus niger, Bacillus subtilis, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Salmonella typhi, dan Shigella flexneri.

Antidiabetes

Setelah stroke dan penyakit jantung, diabetes tercatat sebagai penyakit paling mematikan nomor 3 di Indonesia. Anda dapat mengonsumsi jamu beras kencur untuk membantu pengendalian kadar gula darah dalam tubuh.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap hewan, kencur terbukti dapat mencegah dan mengobati komplikasi kronis pada penderita penyakit diabetes tipe 2. Adapun caranya adalah dengan menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin tubuh.

Namun, berbagai manfaat jamu beras kencur yang dijelaskan di atas masih memerlukan landasan penelitian lebih lanjut dan empiris, terutama terhadap manusia. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan selalu dengan dokter atau ahli herbal jika Anda hendak mengonsumsi jamu beras kencur, terlebih jika Anda mempunyai gejala atau kondisi medis tertentu.

Cara Meracik Jamu Beras Kencur di Rumah

Untuk meraih berbagai manfaat jamu beras kencur yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat jamu beras kencur secara mandiri di rumah. Bahan-bahan dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

Bahan

  • 2,3 liter air
  • Gula aren secukupnya
  • 50 gram kencur, kupas
  • 100 gram beras
  • 3 lembar daun pandan

Cara Pembuatan

  • Sangrai beras sampai warnanya terlihat kekuningan
  • Selanjutnya haluskan beras, kencur, dan gula
  • Masukkan campuran tersebut dan daun pandan ke dalam air
  • Rebus hingga mendidih
  • Saring
  • Anda dapat mengonsumsi jamu beras kencur sebanyak 2 kali dalam sehari

Demikianlah ulasan tentang manfaat jamu beras kencur beserta cara pembuatan secara mandiri. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : jamu kesehatan
Rekomendasi