Daftar Makanan untuk Mengurangi Keputihan pada Wanita

| 11 Nov 2023 06:00
Daftar Makanan untuk Mengurangi Keputihan pada Wanita
Salah satu makanan untuk mengurangi keputihan (pexels)

ERA.id - Keputihan adalah hal yang umum terjadi pada wanita. Namun, kondisi ini kerap membuat wanita merasa tak nyaman, apalaji jika gatal dan mengeluarkan bau tak sedap. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan untuk mengurangi keputihan.

Cairan atau lendir yang dikenal sebagai keputihan sebenarnya membantu menjaga kebersihan dan kelembapan vagina, sekaligus melindunginya dari infeksi. Dalam kondisi normal, biasanya keputihan berwarna bening atau putih, tidak bau, dan teksturnya encer atau agak kental serta lengket.

Namun, jika keputihan terjadi dengan tidak normal, hal itu bisa menjadi tanda adanya infeksi, baik akibat jamur, bakteri, trikomoniasis, maupun faktor lain. Jika Anda mendapati kondisi yang tampak tidak normal, Anda bisa mengeceknya di dokter.

Keputihan bisa diatasi dengan obat dari dokter. Selain itu, Anda juga bisa menjaga kebersihan vagina dan mengonsumsi makanan tertentu untuk membantu mengatasi masalah keputihan.

Makanan untuk Mengurangi Keputihan

1.    Bawang putih

Bawang putih punya sifat antimikroba yang bisa membantu melawan infeksi jamur penyebab keputihan. Mengonsumsi bawang putih dianggap mampu untuk mengatasi masalah keputihan.

Anda mungkin merasa aneh atau tidak doyan untuk mengonsumsi bawang putih secara langsung. Oleh sebab itu, Anda bisa membuat trik dengan menambahkan bawang putih ke makanan lain, misalnya salad. Dengan demikian, Anda tidak merasakan rasa kuat dari bawang putih.

Bawang putih, salah satu makanan untuk mengurangi keputihan (pexels)

2.    Yogurt

Jika Anda mengalami keputihan yang disertai gatal, yoghurt bisa jadi salah satu makanan yang dipilih. Yoghurt busa membantu penyeimbangan tingkat pH area kewanitaan. Ini akan membantu pemulihan flora normal dalam vagina dan menangkal infeksi pemicu keputihan. Makanan ini juga meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di tubuh yang membantu mencegah infeksi jamur.

3.    Buah sitrus

Buah sitrus juga bisa menghilangkan keputihan. Beberapa contoh buah sitrus adalah jeruk dan lemon. Kandungan vitamin C buah sitrus diyakini dapat menurunkan risiko infeksi berulang dan keputihan. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau dijadikan jus.

4.    Delima

Buah delima juga dipercaya bisa menghilangkan keputihan. Delima mengandung vitamin C dan antioksidan yang diyakini mampu melawan infeksi penyebab keputihan. Selain itu, buah ini bisa membantu mengatasi infeksi saluran kemih (ISK).

5.    Tiram

Anda juga bisa mengatasi masalah keputihan dengan mengonsumsi tiram. Tiram mengandung zinc yang bisa membantu meningkatkan gairah seks. Selain itu, zinc juga diyakini bisa mengatasi vagina kering, mengatur siklus menstruasi, dan melawan infeksi penyebab keputihan.

6.    Kombucha

Kombucha mengandung probiotik tinggi yang bisa membantu mengatasi keputihan. Probiotik mampu mengembalikan keseimbangan flora dalam vagina sehingga kembali sehat.

Itulah beberapa makanan untuk mengurangi keputihan. Ikuti terus berita terbaru Era.id untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Rekomendasi