Kanker Penyebab Kiki Fatmala Meninggal, Berikut Ini Gejala Kanker Paru-Paru

| 01 Dec 2023 17:00
Kanker Penyebab Kiki Fatmala Meninggal, Berikut Ini Gejala Kanker Paru-Paru
Kiki Fatmala meninggal (Instagram @qq_fatmala)

ERA.id - Kiki Fatmala, aktris sekaligus model, meninggal pada Jumat (1/12/2023) di usia 56 tahun. Pihak keluarga menjelaskan penyebab Kiki Fatmala meninggal adalah komplikasi akibat kanker.

Melalui akun Instagram Kiki Fatmala, pihak keluarga menyampaikan kabar duka kepada publik sekaligus meminta agar privasi mereka tetap dijaga.

“Di saat-saat sulit ini, keluarga kami memohon privasi dan pengertian atas rasa berduka dan kehilangan kami. Meskipun kami menghargai minat publik untuk menghormati kenangan beliau, kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat,” ungkap pihak keluarga Kiki dalam unggahan akun Instagram @qq_fatmala.

Penyebab Kiki Fatmala Meninggal Kanker

Pihak keluarga menjelaskan bahwa pernyataan resmi melalui akun Instagram @qq_fatmala menjadi satu-satunya komunikasi resmi pihak keluarga Kiki. Mereka tidak menerima adanya wawancara atau pemberian pernyataan lain.

Dari pernyataan tersebut, diketahui bahwa Kiki meninggal karena komplikasi akibat kanker, tapi tak dijelaskan lebih lanjut terkait kanker yang diidapnya. Akan tetapi, Kiki Fatmala pernah blak-blakan mengungkapkan kondisi kesehatannya kepada publik.

Dalam unggahan di media sosial, Kiki mengatakan bahwa dirinya telah divonis kanker paru-paru stadium 4 sejak 2021. Dia mengungkapkan, vonis tersebut telah mengubah kehidupannya.

"19 November 2021 hari di mana semuanya berubah. Itu adalah hari di mana saya didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium IV," tulis Kiki Fatmala di media sosial pada April 2022.

"Saya menyadari tidak ada yang akan pernah sama dan hidup terbagi 2: sebelum dan sesudah ini," lanjutnya.

Dia membagikan sejumlah foto yang berkaitan dengan kondisi kesehatannya, seperti hasil diagnosis, biopsi pada 23 November 2021, dan pertama kali dalam ambulans.

Ilustrasi kanker paru-paru akibat asap (pixabay)

Gejala Kanker Paru-Paru

Sebenarnya, apa itu kanker paru-paru? Dikutip dari situs resmi UPK Kemenkes RI, kanker paru sangat mudah terjadi pada orang yang sering terpapar asap rokok, baik secara aktif maupun pasif.

Penyakit ini juga rentan dialami oleh orang yang bekerja dengan asbes, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard, dan paparan oven arang.

Kanker paru merupakan pertumbuhan sel kanker tidak terkendali di jaringan paru yang bisa disebabkan oleh beberapa karsinogen lingkungan, terutama asap rokok.

Kanker paru-paru termasuk penyakit yang berbahaya sehingga seseorang perlu segera memeriksakan diri ke dokter saat muncul gejala kanker paru-paru. Berikut ini adalah rinciannya.

Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa pun. Setelah berada pada tahap tertentu, kanker paru-paru menunjukkan beberapa gejala berikut.

1.    Sakit kepala

2.    Penurunan berat badan

3.    Kehilangan selera makan

4.    Suara serak

5.    Perubahan pada bentuk jari (ujung jari menjadi cembung)

6.    Pembengkakan pada muka atau leher

7.    Batuk berkelanjutan dan bertambah parah, hingga akhirnya mengalami batuk darah

8.    Sesak napas dan rasa nyeri di dada

Jika seseorang mengalami kondisi dengan gejala kanker paru-paru, segera lakukan pengecekan kesehatan di dokter atau puskesmas. Penanganan sedini mungkin dihadapkan bisa mencegah gejala tersebut menjadi lebih parah.

Itulah berbagai informasi mengenai penyebab Kiki Fatmala meninggal dan gejala kanker paru-paru. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi