Air Kelapa untuk Ginjal Apakah Bagus dan Bikin Sehat?

| 26 Oct 2022 17:31
Air Kelapa untuk Ginjal Apakah Bagus dan Bikin Sehat?
Air Kelapa (Unsplash)

ERA.id - Pohon kelapa berasal dari Asia dan Kepulauan Pasifik. Nah air kelapa atau sari kelapa adalah cairan bening yang ditemukan dalam kelapa hijau muda. Lantas apa benar air kelapa untuk ginjal itu baik?

Salah satu kampanye air kelapa yang menyehatkan adalah “alami bebas lemak” dan “manis”. Namun perlu diketahui, air kelapa tidak sama dengan santan, yang terbuat dari daging kelapa dan lebih tinggi kalori dan lemak.

Air Kelapa untuk Ginjal dan Kandungan Gizinya

Air kelapa banyak mengandung gizi (Unsplash)

Air kelapa mengandung air, gula, elektrolit, vitamin dan mineral. Anda bahkan dapat mencampur smoothie dengan air kelapa dan meminumnya setelah berolahraga untuk rehidrasi. Sebelum menjawab pertanyaan dari artikel ini, mari kita ketahui terlebih dahulu kandungan gizi air kelapa.

Nilai gizi Air Kelapa

Dilansir dari kidneyhi.org, dalam satu porsi cangkir air kelapa mengandung 46 kalori dan 9 gram karbohidrat total (6 gram di antaranya adalah gula). Ada 1,7 gram protein dan kurang dari 1 gram lemak per porsi. Tahukah Anda bahwa air kelapa juga memiliki serat? Satu cangkirnya memiliki 2,6 gram serat, atau 10% dari nilai harian serat Anda.

Kandungan Kalium Tinggi

Air kelapa mengandung lebih banyak potasium per porsi daripada pisang, dan menghasilkan sekitar 600 miligram per porsi 1 cangkir, dibandingkan 362 miligram dalam pisang kecil.

Kalium sangat penting untuk mengatur fungsi sel otot di jantung. Kalium tinggi disebut hiperkalemia dan dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur, kelumpuhan sementara, kesemutan pada tangan dan kaki, dan henti jantung.

Pedoman Diet untuk orang dewasa Amerika adalah 4.700 miligram kalium, dan satu porsi cangkir air kelapa hampir 13% nilai harian.

Namun jika dokter Anda menyarankan untuk membatasi kalium dalam diet, mungkin lebih baik adalah membatasi atau menghindari air kelapa. Namun jika Anda memiliki gangguan ginjal kronis, Anda harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menentukan berapa banyak kalium yang harus Anda konsumsi setiap hari. Ini akan tergantung pada berat badan Anda, obat-obatan, fungsi ginjal, dan riwayat kesehatan Anda.

Sodium

Air kelapa juga mengandung 252 miligram natrium per porsi 1 cangkir atau 11% dari nilai harian. Dianjurkan untuk membatasi konsumsi kelapa jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis atau mencoba membatasi natrium dalam makanan Anda.

Vitamin dan mineral lainnya

Air kelapa menyediakan vitamin, dan menjadikannya pilihan minuman yang bergizi. Satu porsi air kelapa menyediakan 5,8 miligram Vitamin C selain folat, riboflavin, thiamin, niacin, dan Vitamin B-6. Air kelapa juga menyediakan mineral, termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng.

Kesimpulannya, air kelapa adalah minuman yang aman dan sehat bagi kebanyakan orang; Namun, mereka yang memiliki penyakit ginjal harus membatasi konsumsi makanan yang terlalu tinggi kalium, termasuk air kelapa.

Selain air kelapa untuk ginjal, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi