Mengenal Masa Plateu yang Menjadi Momok bagi Sebagian Pelaku Diet

| 09 Dec 2023 22:23
Mengenal Masa Plateu yang Menjadi Momok bagi Sebagian Pelaku Diet
Mengenal masa plateu (unsplash)

ERA.id - Masa plateau, fase di mana penurunan berat badan tampak terhenti meski tetap menjalankan program diet dan olahraga, menjadi tantangan umum dalam perjalanan penurunan berat badan. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi, mari mengenal masa plateu lebih dalam.

Artikel ini akan membahas fenomena tersebut dan memberikan strategi serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk melewati masa plateau dan terus meraih tujuan penurunan berat badan.

Mengenal Masa Plateu

Mencapai masa plateau dalam kebugaran bisa menjadi tantangan yang memerlukan banyak usaha. Dalam perspektif tertentu, masa plateau dapat dianggap sebagai tanda pencapaian dan kemajuan dalam mencapai kesehatan dan kebugaran yang lebih baik.

Jonathan Ross, Pakar Kesehatan dan Kebugaran, sebagaimana dilansir dari Ace Fitness menjelaskan, “Jika Anda puas dengan kondisi saat ini dan tidak mencari perubahan tambahan, maka masa plateau dapat dianggap sebagai tempat yang baik. Namun, pada saat yang sama, masa plateau juga dapat dianggap negatif karena membuat Anda terjebak di antara titik awal dan tujuan akhir yang diinginkan.”

Salah satu indikator terbaik bahwa Anda telah mencapai masa plateau adalah perasaan bahagia namun tidak puas. Meskipun Anda merasa senang dengan kemajuan yang telah dicapai, namun ingat untuk tetap fokus pada kemajuan yang masih harus dicapai.

Kemudian adanya kesadaran intens bahwa “Anda belum mencapai tujuan akhir”, maka hal Ini dapat menciptakan perasaan "ini bagus, tetapi saya belum selesai."

Bagi mereka yang baru mulai berolahraga, biasanya akan berlatih secara teratur selama sekitar enam bulan hingga akan mengalami fenomena plateu. Kemajuan akan terasa lebih mudah ketika Anda baru memulai, tetapi seiring berjalannya waktu kemajuan tidak datang dengan begitu mudah. Pada titik ini, terdapat batasan pada seberapa cepat kemajuan bisa dicapai.

Masa Plateau Tidak Selamanya Jelek

Jika Anda merasa sedang berolahraga tetapi tidak sefokus biasanya, ini bisa terkait dengan overtraining atau stres kehidupan umum, dan juga menjadi tanda masa plateau. Anda mungkin tidak merasa sepenuhnya maksimal ketika berolahraga. Pada titik ini, perubahan kecil mungkin diperlukan, seperti variasi latihan baru atau penambahan intensitas melalui kecepatan gerakan atau resistensi.

Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan dan kebugaran dapat membuat perubahan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Masa Plateau Tidak Selamanya Jelek (unsplash)

Namun jika tidak ada perubahan yang terlihat, mungkin saatnya untuk mengevaluasi perjalanan nutrisi Anda. Selain itu, penyempurnaan pola makan juga menjadi bagian usaha seumur hidup, dan pada suatu titik Anda mungkin mencapai masa plateau.

Jika Anda mulai bertanya-tanya apakah Anda berada di masa plateau, itu mungkin tanda bahwa Anda benar-benar berada di sana. Namun pemikiran ini jarang muncul kecuali Anda benar-benar berada di masa plateau.

Kemudian jika soal plateau belum pernah terlintas dalam pikiran Anda, mungkin Anda tidak terlalu peduli atau sedang membuat kemajuan yang luar biasa dalam latihan dan program diet.

Perlu diingat bahwa masa plateau sebenarnya bisa dianggap sebagai sesuatu yang baik. Maka hal ini adalah tanda bahwa Anda telah mencapai beberapa kemajuan.

Dengan demikian, marilah melihat masa plateau sebagai kesempatan untuk mengakui pencapaian Anda. Tentunya sambil bersiap untuk mencoba membuat kemajuan lebih lanjut, sehingga dapat membuatnya terasa sebagai titik awal dari kemajuan berikutnya.

Selain mengenal masa plateu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi