Rekomendasi Cara Menghilangkan Ketombe Kering yang Ampuh dan Sederhana

| 14 Jan 2023 10:25
Rekomendasi Cara Menghilangkan Ketombe Kering yang Ampuh dan Sederhana
Ilustrasi ketombe kering (freepik)

ERA.id - Ketombe kering adalah hal yang sangat menggangu, baik kenyamanan maupun penampilan. Cara menghilangkan ketombe kering perlu dilakukan agar hal tersebut tidak berlanjut.

Ketombe membuat kulit kepala terasa gatal sehingga Anda ingin terus menggaruk kepala. Selain itu, ketombe yang tampak di rambut atau pun gugur di pundak membuat penampilan kurang menarik. Guguran ketombe bisa menjadi lebih banyak saat Anda sering menggaruk kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe Kering dengan Cara Sederhana

Ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya ketombe. Berikut adalah penyebab-penyebab tersebut.

·         Kulit kepala kering

·         Perawatan rambut tidak cocok

·         Psoriasis

·         Eksim

·         Jamur malassezia

·         Jarang keramas

Secara umum, ketombe memang bukan masalah serius. Meski demikian, hal tersebut bisa berimbas kepada berbagai hal jika tidak ditangani dengan baik, misalnya membuat teman atau klien jijik dan risiko luka pada kulit kepada karena sering digaruk. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut untuk menghilangkan ketombe kering, dikutip Era dari SehatQ.

1. Keramas dengan sampo antiketombe yang cocok

Ini merupakan cara yang paling mudah dan sederhana. Anda perlu menggunakan sampo antiketombe yang cocok dengan kulit kepada Anda.

Sebagai pertimbangan, sampo yang dinilai cocok untuk mengusir ketombe adalah sampo yang mengandung selenium sulfida. Ini merupakan zat yang direkomendasikan oleh para dokter untuk mengatasi ketombe sebab mampu menghancurkan tumpukan keratin di kulit kepala dan menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala.

2. Pemanfaatan lidah buaya

 Ilustrasi lidah buaya untuk menghilangkan ketombe kering (freepik)

Masyarakat Indonesia sudah akrab dengan penggunaan lidah buaya untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Ini juga bisa menjadi obat tradisional untuk mengatasi ketombe.

Lidah buaya memiliki gel yang mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan nutrisi lain untuk melembapkan serta meredakan iritasi kulit. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya di area kulit kepala yang terasa gatal. Hal ini bisa dilakukan setiap haru sebelum keramas. 

3. Minyak serai

Minyak serai mengandung antiradang dan antimikroba yang bisa membunuh jamur di kulit kepala sehingga dipercaya mampu mengurangi ketombe. Jika gel lidah buaya bisa langsung diaplikasikan di kulit kepada, hal berbeda perlu dilakukan jika menggunakan minyak serai.

Minyak serai perlu dicampur dengan air atau sampo terlebih dahulu. Itu karena penggunaan minyak serai secara langsung bisa menyebabkan alergi atau iritasi. Cukup berikan beberapa tetes minyak serai ke sampo saat akan menggunakannya sebagai obat tradisional ketombe.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun mampu melembapkan kulit sehingga dipercaya memiliki kemampuan untuk mengatasi ketombe. Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe juga mudah. Anda cukup mengoleskan minyak tersebut ke kulit kepala kemudian biarkan selama satu jam. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

5. Cuka apel

Cukua apel memiliki sifat asam yang dianggap bisa merontokkan sel-sel kulit mati di kepala. Cuka apel juga dipercaya bisa menyeimbangkan pH kulit sehingga pertumbuhan jamur di kulit kepala bisa diredam.

Belum banyak penelitian mengenai keefektifan cuka apel untuk mengatasi ketombe. Jika Anda ingin mencobanya, jangan gunakan langsung pada kulit kepada. Campurkan beberapa tetes cuka apel ke sampo yang ingin digunakan untuk keramas.

6. Konsumsi makanan tinggi probiotik

Cara menghilangkan ketombe juga berkaitan dengan gaya hidup. Makanan dengan kandungan probiotik tinggi dipercaya mampu mengatasi ketombe kering, seperti tempe, yogurt, dan kimchi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi probiotik selama 56 hari bisa membantu meredakan ketombe.

7. Kelola stres

Kesehatan mental juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ketombe. Stres biasanya membuat tubuh mudah terserang penyakit dan mengalami peradangan karena kekebalan tubuh menurun.

Hal tersebut membuat mikroba, seperti jamur di kuit kepala penyebab ketombe, tak mendapatkan perlawanan yang baik dari kekebahan tubuh. Pengelolaan stres dengan baik pun menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe kering di kulit kepala. 

Rekomendasi