Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh? Lakukan Hal Berikut!

| 17 Dec 2023 23:00
Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh? Lakukan Hal Berikut!
Ilustrasi (Freepik/KamranAydinov)

ERA.id - Metabolisme adalah proses pembakaran kalori dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk memproduksi energi. Sistematika ini terjadi di dalam sel-sel tubuh. Nah, agar kalori dalam makanan dapat menghasilkan energi, nutrisi di dalamnya harus dipecah sehingga dapat diserap oleh tubuh. Misalnya, protein akan dipecah menjadi asam amino dan karbohidrat dipecah menjadi glukosa. Proses pemecahan nutrisi ini juga tergolong dalam metabolisme dan memerlukan energi. Lantas bagaimana cara tingkatkan metabolisme tubuh?

Bagi orang yang mempunyai laju metabolisme yang tinggi, pembakaran kalori di dalam tubuh terjadi lebih cepat dan lebih banyak. Semakin tinggi laju metabolisme tubuh, maka akan semakin banyak pula kalori yang dibakar sehingga penimbunan kalori dalam bentuk lemak pun tidak terjadi. Dengan demikian, meningkatkan metabolisme bisa membantu menurunkan berat badan seseorang.

Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk tingkatkan metabolisme tubuh yang dapat Anda lakukan agar tubuh membakar lebih banyak kalori:

Ilustrasi olahraga mempercepat metabolisme (Freepik/wayhomestudio)

Tidur yang cukup

Kurang tidur berpotensi mengurangi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh, meningkatkan hormon stres yang dapat membuat lembak tertimbun lebih banyak, serta memicu rasa lapar. Inilah yang menyebabkan banyak orang yang kurang tidur mudah merasa lapar dan sulit menurunkan berat badan.

Perbanyak konsumsi protein

Tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk mengolah protein menjadi asam amino sehingga tubuh mampu menyerap. Inilah yang menjadikan sebagian orang memperbanyak asupan protein sebab dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, makanan tinggi protein juga menjadikan tubuh merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan pun dapat ditekan, sehingga dapat membantu Anda menjaga berat badan.

Sering bergerak dan rutin olahraga

Kebiasaan jarang bergerak atau kurang olahraga dapat mengakibatkan metabolisme melambat. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk rajin berolahraga dan aktif bergerak agar metabolisme tubuh meningkat sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih banyak.

Jenis olahraga yang berpotensi menjadikan tubuh Anda aktif bergerak yaitu olahraga kardio, misalnya lari atau senam aerobik. Anda juga dapat melakukan bentuk permainan agar lebih menyenangkan, misalnya basket, voli, atau bulu tangkis.

Lakukan latihan angkat beban

Latihan kekuatan atau angkat beban menjadi salah satu bentuk olahraga yang juga disarankan untuk meningkatkan metabolisme.

Tidak hanya membakar kalori, latihan kekuatan dengan mengangkat beban ini juga membantu membentuk jaringan otot. Semakin banyak atau semakin besar massa otot, maka metabolisme tubuh juga akan semakin tinggi.

Konsumsi makanan pedas

Ternyata makanan pedas juga dapat meningkatkan metabolisme dan memicu tubuh untuk membakar jaringan lemak. Selain itu, kandungan zat capsaicin yang memberikan cita rasa pedas pada makanan juga dipercaya mampu menekan rasa lapar.

Namun, sebaiknya Anda tetap memperhatikan jumlah makanan pedas yang dikonsumsi. Sebab, jika berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan, misalnya diare dan maag.

Mengonsumsi minyak sehat

Konsumsi makanan berminyak yang memiliki kandungan banyak lemak jenuh dan kolesterol bisa mengakibatkan penumpukan lemak dalam tubuh, sehingga berat badan akan naik dan sulit untuk turun.

Namun, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi lemak sama sekali. Anda tetap harus mengonsumsi lemak sebab lemak diperlukan oleh tubuh, tetapi pilihlah jenis lemak yang sehat.

Perbanyak minum air putih

Salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh yang cukup sederhana yaitu dengan minum air putih. Beberapa studi menyimpulkan bahwa minum cukup air putih, khususnya air dingin, bisa menjadikan lebih banyak kalori dalam tubuh terbakar.

Minum air putih sebelum makan juga akan membuat Anda lebih cepat kenyang, sehingga Anda akan lebih mudah mengontrol porsi makan. Walaupun begitu, manfaat air putih untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan masih harus diteliti lebih jauh.

Demikianlah ulasan tentang cara tingkatkan metabolisme tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi