Rekomendasi Minuman dan Makanan Pembakar Lemak, Bantu Diet Tanpa Lapar

| 20 Aug 2023 21:00
Rekomendasi Minuman dan Makanan Pembakar Lemak, Bantu Diet Tanpa Lapar
Minuman pembakar lemak (Freepik)

ERA.id - Sebagian orang menganggap cara efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan makan sedikit atau mengurangi porsi makan. Bagi Anda yang tidak bisa mengurangi makan, bisa menjalani program diet dengan cara mengonsumsi minuman dan makanan pembakar lemak tubuh. 

Menerapkan program diet tidak melulu soal mengurangi asupan makanan atau berpuasa. Ada beberapa minuman dan makanan pembakar lemak yang bisa membantu Anda memangkas berat badan tanpa harus menyiksa diri dengan menahan lapar dan agar kesehatan tetap terjaga. 

Daftar Minuman dan Makanan Pembakar Lemak

Untuk bisa melakukan diet secara sehat, Anda bisa memilih asupan makanan dan minuman yang dapat membakar lemak yang menggelambir di tubuh. Makanan yang ampuh membakar lemak yakni makanan yang mengandung nutrisi dan serat, yang berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh. 

Captionmakanan pembakar lemak (Freepik)

Berikut ini beberapa makanan pembakar lemak yang bisa Anda pilih:

Alpukat

Buah alpukat diyakini memiliki kemampuan dalam mendukung proses pembakaran lemak dalam tubuh. Buah yang diminati oleh berbagai kalangan ini memiliki kandungan lemak sehat yang meliputi lemak tak jenuh tunggal.

Dengan kandungan lemak tak jenuh, serat, dan kalium yang melimpah, alpukat memiliki peran penting dalam menjaga sensasi kenyang lebih lama dan merangsang proses pembakaran lemak. Tidak hanya itu, lemak sehat yang terkandung dalam alpukat juga berperan dalam meningkatkan fungsi metabolisme serta membakar kalori.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk dalam kategori makanan yang efektif dalam membantu tubuh membakar lemak. Penelitian menunjukkan bahwa jenis makanan ini mengandung protein dan lemak yang bermanfaat untuk mengurangi rasa lapar dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat merangsang metabolisme dalam tubuh. Jadi kacang cukup efektif dalam membantu proses pembakaran lemak.

Yoghurt

Tidak diragukan lagi bahwa berbagai varian produk yoghurt memiliki efek positif dalam program penurunan berat badan. Yoghurt menyiman kandungan vitamin, mineral, protein, dan probiotik yang mendukung program diet untuk memangkas lemak tubuh. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi yoghurt dapat membantu mengontrol nafsu makan, mengurangi rasa lapar, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Ikan Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung dan dapat meningkatkan laju metabolisme. Tingginya kandungan protein dalam salmon juga berperan dalam mempertahankan massa otot, yang berkontribusi pada peningkatan pembakaran kalori.

Berikut ini beberapa minuman pembakar lemak yang bisa Anda konsumsi:

Kopi

Tidak hanya berperan dalam memicu semangat, kopi juga dapat mendukung proses pembakaran lemak dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat merangsang laju metabolisme, sehingga mampu membakar kalori dan lemak tubuh.

Namun perlu diingat jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan. Cukup minumlah satu gelas kopi per hari untuk memperoleh dampak efektif dalam membantu pembakaran lemak.

Teh Hijau

Minuman lain yang juga dapat mendukung proses penurunan berat badan adalah teh hijau. Minuamn ini memiliki kandungan yang membantu membakar lemak. Teh hijau mengandung senyawa katekin yang telah terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme dan merangsang proses pembakaran lemak.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sering dihubungkan dengan manfaat kesehatan tubuh, termasuk dalam menjaga berat badan. Kandungan asam asetat di dalamnya memiliki kemampuan untuk merangsang pembakaran lemak dan mengurangi tumpukkan lemak di area perut. Selain itu, minuman ini diyakini dapat mengurangi nafsu makan serta menurunkan kadar gula darah dan insulin pada penderita diabetes.

Demikianlah rekomendasi minuman dan makanan pembakar lemak yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi sejumlah makanan di atas, program diet Anda bisa tercapai dengan lebih cepat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi