Rumus Hitung Kalori saat Diet ala Harvard Medical School

| 20 Aug 2023 08:20
Rumus Hitung Kalori saat Diet ala Harvard Medical School
Rumus hitung kalori saat diet (unsplash)

ERA.id - Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang seringkali melibatkan perhitungan kalori sebagai bagian penting dari rencana diet. Agar berhasil, salah satu yang perlu diperhatikan adalah rumus hitung kalori saat diet yang tepat.

Melalui artikel ini akan dibahas berbagai rumus dan metode yang dapat membantu Anda menghitung kalori dengan efektif, serta tips untuk mengoptimalkan rencana diet Anda secara keseluruhan.

Rumus Hitung Kalori saat Diet

Dilansir dari Harvard Medical School, berbagai pengaruh dapat mempengaruhi bagaimana orang menambah dan kehilangan berat badan. Namun, pemahaman dasar tentang bagaimana mengatur keseimbangan energi Anda untuk mendukung penurunan berat badan adalah langkah awal yang baik.

Langkah awal adalah mula dengan menentukan berapa banyak kalori yang sebaiknya Anda konsumsi setiap hari. Untuk melakukannya, Anda perlu tahu berapa banyak kalori yang Anda butuhkan untuk menjaga berat badan Anda saat ini. Untuk melakukan hal ini memerlukan beberapa perhitungan sederhana.

Bagaimana cara mengetahui kebutuhan kalori per hari (unsplash)

Pertama, kalikan berat badan Anda saat ini dengan 15 untuk mengetahui jumlah perkiraan kalori per pound berat badan yang diperlukan untuk menjaga berat badan Anda saat ini namun hitungan ini diperlukan jika Anda cukup aktif.

Aktif secara berarti Anda setidaknya melakukan 30 menit aktivitas fisik setiap hari dalam bentuk olahraga (berjalan dengan cepat, naik tangga, atau berkebun dengan aktif).

Katakanlah Anda seorang wanita dengan tinggi 5 kaki 4 inci dan berat 155 pound, dan Anda perlu menurunkan sekitar 15 pound untuk masuk ke dalam rentang berat badan yang sehat. Jika Anda mengalikan 155 dengan 15, Anda akan mendapatkan 2.325, yang merupakan jumlah kalori harian yang Anda butuhkan untuk menjaga berat badan Anda saat ini (kalori pemeliharaan berat badan). Namun untuk menurunkan berat badan, Anda perlu berada di bawah total tersebut.

Sebagai contoh, untuk menurunkan 1 hingga 2 pound dalam seminggu (hitungan yang dianggap aman oleh para ahli) maka kurangi konsumsi makanan Anda sekitar 500 hingga 1.000 kalori lebih sedikit dari total hitungan kalori yang digunakan untuk menjaga berat badan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda membutuhkan 2.325 kalori sehari untuk menjaga berat badan Anda saat ini, maka kurangi asupan kalori harian Anda menjadi antara 1.325 hingga 1.825.

Namun penting untuk digaris bawahi adalah jika Anda kurang aktif, maka Anda juga perlu menambahkan lebih banyak aktivitas harian Anda. Untuk setidaknya menurunkan berat badan 1 pound dalam seminggu, usahakan untuk berolahraga selama setidaknya 30 menit sehari pada sebagian besar hari, dan kurangi asupan kalori harian Anda setidaknya sebanyak 500 kalori.

Meskipun demikian, asupan kalori tidak boleh jatuh di bawah 1.200 sehari untuk wanita atau 1.500 sehari untuk pria, kecuali di bawah pengawasan tenaga kesehatan. Hal tersebut lantaran mengonsumsi terlalu sedikit kalori dapat membahayakan kesehatan Anda karena dapat merampas nutrisi yang dibutuhkan.

Selain rumus hitung kalori saat diet,  ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi