Jenis Orgasme yang Dialami Wanita, Belum Banyak Pria Tahu Hal ini

| 26 Dec 2023 18:00
Jenis Orgasme yang Dialami Wanita, Belum Banyak Pria Tahu Hal ini
Jenis orgasme yang dialami wanita (unsplash)

ERA.id - Apakah Anda pernah berpikir bahwa orgasme wanita hanyalah satu jenis? Jika iya, maka Anda salah karena terdapat beberapa jenis orgasme yang dialami wanita yang jarang diketahui.

Dalam konsep ilmu kuno Tantra, wanita memiliki kemampuan untuk mengalami berbagai jenis orgasme yang berbeda-beda. Kesalahpahaman umum tentang orgasme seringkali membuat banyak orang melewatkan keberagaman pengalaman sensual yang dapat dialami oleh wanita.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis orgasme yang dapat dirasakan oleh kaum hawa, membuka wawasan mengenai kekayaan dan kompleksitas dari kenikmatan seksual yang mereka alami.

Wanita dapat mengalami orgasme tanpa sentuhan fisik (unsplash)

Jenis Orgasme yang Dialami Wanita

Dilansir dari medicalnewstoday, ada banyak jenis orgasme, beberapa di antaranya dijelaskan di bawah ini:

  1. Orgasme klitoris

Terjadi ketika orgasme disebabkan oleh stimulasi klitoris. Sebuah artikel tahun 2019 mencatat bahwa 60% dari orgasme wanita terjadi karena stimulasi klitoris.

  1. Orgasme vagina

Terjadi ketika orgasme disebabkan oleh stimulasi vagina. American Psychological Association menyatakan bahwa orgasme vagina terkait dengan stimulasi tidak langsung klitoris selama berhubungan seks.

  1. Orgasme gabungan

Terjadi ketika orgasme klitoris dan vagina terjadi bersamaan.

  1. Orgasme anal

Beberapa wanita mengalami orgasme selama hubungan seks anal.

  1. Orgasme G-spot

Orgasme dapat terjadi sebagai hasil dari stimulasi G-spot.

  1. Orgasme ganda

Seseorang dapat mengalami serangkaian orgasme atau puncak seksual dalam waktu singkat. Masters dan Johnson mencatat bahwa wanita memiliki periode pemulihan yang lebih pendek, yang memungkinkan mereka mengalami orgasme ganda dalam waktu yang lebih singkat.

  1. Orgasme yang dipicu oleh imaji

Orgasme dapat terjadi sebagai respons terhadap imaji tanpa stimulasi fisik. Penelitian tahun 1992 menyatakan bahwa orgasme dapat terjadi sebagai hasil dari imaji yang diinduksi sendiri.

Kemudian pada penelitian yang lebih baru dari tahun 2016 mencatat bahwa imaji mental mengaktifkan daerah otak yang terhubung dengan orgasme, reward, dan stimulasi tubuh.

  1. Orgasme puting susu

Seseorang dapat mencapai orgasme karena stimulasi puting susu saja. Stimulasi puting susu dapat mengaktifkan bagian otak yang juga diaktifkan dengan stimulasi genital.

Mengenal Gangguan orgasme pada wanita

Gangguan orgasme pada wanita berkaitan dengan ketidakmampuan atau keterlambatan orgasme yang signifikan setelah stimulasi yang cukup. Dokter menggunakan istilah anorgasmia untuk merujuk pada ketidakmampuan mencapai orgasme.

Anorgasmia dapat merujuk pada kondisi ketika seseorang belum pernah mengalami orgasme (anorgasmia primer) atau ketika seseorang yang sebelumnya bisa mengalami orgasme tidak dapat melakukannya lagi (anorgasmia sekunder). Kondisi ini dapat terjadi secara umum atau dalam situasi tertentu.

Gangguan orgasme pada wanita dapat terjadi dikarenakan, seperti kondisi ginekologis atau penggunaan obat-obatan tertentu, atau penyebab psikologis seperti kecemasan atau depresi.

Dengan demikian, orgasme dapat berbeda untuk setiap individu dan tidak hanya terjadi melalui stimulasi seksual.

Semua orang sejatinya dapat mengalami orgasme, bahkan transgender dapat mengalami orgasme setelah menjalani operasi afirmasi gender. Orgasme dapat melepaskan endorfin, yang mungkin menyebabkan perasaan relaksasi atau kebahagiaan yang meningkat setelahnya.

Selain itu, gangguan orgasme juga dapat dialami seseorang seperti ejakulasi dini atau ketidakmampuan mencapai orgasme. Untuk itu, jika seseorang memiliki kekhawatiran tentang orgasmenya, mereka dapat berbicara dengan dokter atau terapis seks.

Selain jenis orgasme yang dialami wanita, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi