Pull Up Melatih Otot Apa Saja? Simak Penjelasannya di Bawah Ini

| 04 Feb 2024 23:01
Pull Up Melatih Otot Apa Saja? Simak Penjelasannya di Bawah Ini
Ilustrasi pull up melatih otot (Unsplash/@anastasemaragos)

ERA.id - Pull up adalah salah satu gerakan olahraga yang memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Sebenarnya, pull up melatih otot apa saja? Gerakan ini juga diyakini mampu melatih banyak otot, antara lain otot dada, bahu, dan punggung.

Namun, Apakah Anda sudah melakukan pull up dengan benar dan tepat? Di bawah ini akan dibahas otot apa saja yang dilatih saat Anda melakukan pull up.

Manfaat Pull Up untuk Kebugaran dan Kekuatan Otot

Dalam artikel Healthline, seperti yang diverifikasi oleh Daniel Bubnis, Pelatih Spesialisasi Kesehatan dan Kebugaran di Pennsylvania, manfaat pull up adalah sebagai berikut:

Menguatkan Otot Punggung

Pull up merupakan salah satu latihan paling efektif untuk menguatkan otot punggung. Otot punggung yang dibentuk antara lain:

  • Trapezius: Terletak dari leher ke kedua bahu
  • Latissimus Dorsi: Otot punggung atas terbesar yang membentang dari punggung tengah ke bawah ketiak dan tulang belikat
  • Infraspinatus: Otot yang menyokong gerakan bahu dan terletak di tulang belikat
  • Spinae Erector Toraks: Tiga otot yang berjalan di sepanjang tulang belakang dada Anda.

Memperkuat Otot Lengan dan Bahu

Pull Up juga dapat memperkuat otot lengan dan bahu. Dengan menjalani pull up secara rutin, Anda sudah menjalani upaya untuk melatih lengan dan bahu.

Jika hendak meningkatkan kekuatan Anda di area ini, Anda harus menjalani pull up secara teratur.

Jika Anda tidak mampu melakukan pull up dengan penuh, Anda dapat melakukannya dengan bantuan atau hanya dengan posisi (tergantung dari palang).

Ilustrasi (Pixabay)

Meningkatkan Kekuatan

Latihan kekuatan atau ketahanan mampu meningkatkan tingkat kebugaran seseorang secara menyeluruh. Saat Anda melakukan pull up, Anda sedang mengangkat massa tubuh sendiri secara menyeluruh.

Studi menyimpulkan bahwa latihan kekuatan penting untuk meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan perkembangan tulang. Latihan pull up dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil maksimal.

Menambah Kekuatan Genggaman

Pull up juga terbukti dapat menambah kekuatan genggaman tangan, sehingga dapat membantu Anda mengangkat beban dan beberapa olahraga di antaranya tenis, golf, panjat tebing, dan bowling.

Dalam kehidupan sehari-hari kita, cengkeraman yang kuat tentunya juga penting untuk menjalani tugas-tugas, misalnya membuka toples, membawa belanjaan, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Melatih kekuatan dengan latihan seperti pull up juga mampu mengoptimalkan kesehatan fisik Anda secara menyeluruh.

Studi menemukan bahwa dengan menjalani latihan kekuatan secara teratur dapat membantu mengurangi lemak visceral pada perut dan membantu Anda mengelola gula darah.

Pull up juga dapat menghilangkan nyeri punggung dan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan radang sendi dan fibromyalgia.

Sebelum memulai latihan ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda. Hal ini dilakukan untuk mewaspadai risiko tertentu jika Anda memiliki kondisi medis yang khusus.

Mengubah Penampilan

Pull up juga menjadi latihan kekuatan yang menantang. Menantang otot Anda dengan gerakan yang sulit juga bisa meningkatkan tingkat kebugaran dan penampilan Anda secara menyeluruh.

Bonusnya, bisa jadi Anda akan mendapatkan peningkatan signifikan dalam kekuatan dan penampilan diri Anda.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Pull up dapat melatih kekuatan atau ketahanan. Selain bermanfaat untuk fisik, latihan ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental.

Hubungan positif antara latihan kekuatan dengan kesehatan mental di antaranya:

  • Mengurangi kelelahan
  • Mengurangi gejala kecemasan
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Mengurangi depresiMeningkatkan kepercayaan diri

Setelah membaca ulasan di atas, Anda kini sudah tahu pull up melatih otot apa saja. Untuk mengawali latihan ini, sebaiknya Anda bertanya atau meminta bimbingan kepada orang yang sudah ahli dan berpengalaman.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi