Cara Nikita Willy Jaga Kesehatan Anak Lewat Pemenuhan Kebutuhan Cairan yang Tepat

| 31 Jan 2024 23:45
Cara Nikita Willy Jaga Kesehatan Anak Lewat Pemenuhan Kebutuhan Cairan yang Tepat
Pasangan suami istri, Indra dan Nikita Willy (Dok. Cleo)

ERA.id - Air memainkan peran dalam semua fungsi tubuh kita, dari kekuatan otot, stabilitas tulang hingga umur panjang organ kita. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga hidrasi demi menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Kecukupan air minum sendiri penting untuk menghindari dehidrasi dan itu tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak.

Lalu bagaimana sebenarnya kecukupan cairan yang ideal bagi anak?

Dokter spesialis anak, dr. Tiwi, Sp.A, MARS mengatakan kebutuhan air bagi bayi dibawah 6 bulan tidak terlalu diperlukan selama masih mengkonsumsi ASI karena ASI mengandung 85 persen air.

“Setelah 6 bulan sampai 12 bulan, air mulai ada perannya. Air mulai dikenalkan tapi bukan yang utama, tetap jika bayinya masih 6 bulan sampai 12 bulan range cairan yang dibutuhkan hanya 60ml dalam satu hari,” ucap dr Tiwi dalam Press Conference CLEO BA ANNOUNCEMENT di Plaza Indonesia, Jakarta Sabtu (27/1/2024).

Ia menekankan untuk anak diatas usia 12 bulan kebutuhan air lebih meningkat, tapi tetap tidak terlalu banyak yaitu hanya 200-400ml per hari. Di atas 2 hingga 4 tahun lebih meningkat lagi dan air memegang peranan karena menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Selain itu, bayi dibawah 12 bulan saat dia makan jangan terlalu diberi banyak minum karena jika dia akan susah makan nantinya,” ungkap dr Tiwi.

Ia menjelaskan bahwa tubuh manusia sendiri mengandung banyak cairan, jika kekurangan yang terjadi khususnya bagi anak-anak adalah biasanya suhu tubuh akan naik.

“Seringkali kita lihat bayi atau anak baru bangun tidur seperti agak hangat badannya karena sepanjang malam tidur dan cairannya terbatas. Setelah beraktivitas tentu saja harus disesuaikan, misalnya anak 5 tahun beratnya 20kg mainnya sepak bola mungkin kebutuhan cairannya lebih naik lagi,” papar dr Tiwi.

“Jika batuk, demam banyak beri air. Seorang anak yang suka air dan yang tidak suka air jika batuk biasanya yang lebih cepet sembuh yang suka air karena air bisa berfungsi sebagai obat batuk pengencer dahak. Usahakan membesarkan anak dengan cara yang sederhana mulai dari rumah dan air memang punya banyak peran yaitu bisa mencegah dehidrasi supaya anak tidak demam,” lanjutnya.

Dr Tiwi sendiri selalu menekankan kepada keluarga baru yang menjadi orang tua bahwa sehat itu sederhana.

“Sehat itu mudah, bisa dengan makan yang sehat, minum sehat, olahraga dan tidur. Itu sebetulnya prinsipnya, bahwa nanti ada vaksinasi atau obat-obatan misalnya itu akan bekerja dengan baik kalau tubuh anak itu bagus,” terangnya.

Sementara itu, Cleo menggandeng keluarga Nikita Willy sebagai Brand Ambassador,

untuk mengajak keluarga menjalani hidup sehat.

Pasangan keluarga Indra, Nikita dan Issa mengaku sangat peduli terhadap parenting dan kesehatan, tidak hanya untuk mereka sendiri tapi juga membagikannya ke seluruh keluarga muda Indonesia melalui platform yang mereka miliki.

“Aku memang sangat berhati-hati soal keluargaku, terutama dalam membesarkan Issa. Dan kulihat cara air mineral yang aku konsumsi memperhatikan kesehatan dan keamanan produknya sama denganku. Jadi, senang banget saat diajak menjadi brand ambassador-nya karena klop, sudah sevisi soal kesehatan keluarga. Apalagi jadi makin bangga karena bisa mewakili brand asli Indonesia”, jelas Nikita Willy.

Di tahun ini, Cleo ingin mengajak lebih banyak lagi keluarga Indonesia untuk lebih aktif memperhatikan air minum yang dikonsumsi oleh keluarganya setiap hari. Dengan digandengnya Indra, Nikita Willy, dan Issa sebagai brand ambassador diharap akan semakin bisa mengajak lebih banyak keluarga Indonesia untuk beralih ke gaya hidup sehat”, ujar Direktur Utama PT Sariguna Primatirta Tbk, Melisa Patricia.

Rekomendasi