Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental Itu Nyata, Begini Penjelasannya

| 03 Feb 2024 07:04
Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental Itu Nyata, Begini Penjelasannya
Ilustrasi manfaat berpelukan untuk kesehatan mental. (Freepik)

ERA.id - Sebuah studi menyimpulkan, berpelukan dapat menjadikan seseorang merasa bahagia dan mengurangi perasaan kesepian. Mengapa demikian? Karena saat seseorang berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, hormon dopamin, dan hormon serotonin yang dianggap dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan kebahagiaan. Simak manfaat berpelukan untuk kesehatan mental di bawah ini.

Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental

Ada banyak manfaat berpelukan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

Membuat hubungan menjadi lebih harmonis

Seperti yang sudah dikatakan di awal, berpelukan dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon cinta atau hormon oksitosin, yaitu hormon yang bisa menjadikan perasaan lebih tenang dan nyaman.

Manfaat berpelukan ini dapat membuat hubungan Anda dengan orang tua atau pasangan terasa lebih harmonis. Makin sering Anda dan orang tua atau pasangan berpelukan, maka akan semakin erat ikatan emosional antara Anda dengan mereka.

Menumbuhkan perasaan aman dan terlindungi

Banyak bukti yang menyimpulkan bahwa orang dewasa yang sering memeluk dan dipeluk sejak kecil, cenderung mempunyai tingkat stres yang lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang kurang menerima pelukan saat kecil.

Kontak fisik juga diyakini mampu mengurangi tekanan dalam kehidupan, bahkan meski hanya berupa sedikit sentuhan saja.

Ilustrasi (Tatiana Syrikova/Pexels)

Memperkuat imunitas tubuh

Rasa tenang, nyaman, dan jauh dari stres karena berpelukan memberikan efek baik terhadap sistem daya tahan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dalam menghadapi bermacam-macam penyakit.

Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang sering berpelukan cenderung mempunyai detak jantung dan tekanan darah yang normal. Oleh sebab itu, berpelukan sangat baik untuk kesehatan jantung.

Membangkitkan perasaan positif

Manfaat lain dari pelukan yaitu membangkitkan perasaan positif bagi siapa saja yang melakukannya. Selama Anda nyaman, berpelukan dapat membentuk ikatan dan kepercayaan.

Berpelukan membantu seseorang merasa aman, sebab ikatan dalam pelukan menciptakan kesan terlindungi, sehingga Anda pun merasa lebih positif dan tenang.

Meningkatkan kualitas tidur

Melalui pelukan, Anda akan merasa aman, nyaman, terlindungi, dan bahagia. Nah, perasaan-perasaan tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, terlebih jika Anda sering melakukannya sebelum tidur.

Memang tidak ada patokan seberapa banyak berpelukan harus dilakukan, tapi Anda dapat mengusahakan untuk berpelukan sesering mungkin, agar manfaat yang Anda rasakan bisa semakin kuat.

Mengurangi stres dan kecemasan

Bagi Anda yang sering merasa stres, cemas, atau tertekan, sebaiknya cobalah untuk sering berpelukan dengan orang yang Anda sayang. Soalnya, berpelukan setidaknya 20 detik sehari terbukti mampu mengurangi efek berbahaya dari stres dan mengurangi kadar hormon kortisol atau dikenal juga dengan hormon stres.

Demikianlah ulasan tentang manfaat berpelukan untuk kesehatan mental. Jangan lupa untuk memberikan pelukan atau menerima pelukan dari orang terkasih Anda. Tentunya didasari dengan kasih sayang dan rasa saling membutuhkan. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi