Lutut Nyeri Saat Cuaca Dingin, Waspada Terkena Arthritis

| 07 Feb 2024 21:06
Lutut Nyeri Saat Cuaca Dingin, Waspada Terkena Arthritis
Lutut nyeri saat cuaca dingin (unsplash)

ERA.id - Lutut nyeri saat cuaca dingin seringkali memunculkan dugaan menderita osteoartritis. Meskipun demikian, para ahli belum sepenuhnya memahami mengapa cuaca dingin dapat meningkatkan rasa sakit pada sendi yang mengalami osteoartritis. Kemungkinan ada beberapa alasannya.

Lutut Nyeri Saat Cuaca Dingin

Prof Joseph Queally, pakar perawatan artritis dalam laman pribadinya menjelaskan jika penyebab nyeri lutut ketika cuaca dingin dikarenakan cairan sinovial.

Cairan sinovial berfungsi sebagai penyangga pada sendi yang dapat menjadi lebih kental (lebih tebal) saat cuaca dingin. Hal ini membatasi efektivitasnya sebagai penyerap guncangan dan dapat menyebabkan lutut terasa kaku dan nyeri.

Ketika tekanan barometrik turun (menjelang datangnya cuaca dingin) maka dapat menyebabkan jaringan di dalam tubuh Anda mengembang, yang dapat menyebabkan peningkatan nyeri sendi.

Jika lutut Anda meradang karena osteoarthritis atau mengalami luka, saraf di dalam sendi Anda dapat menjadi semakin sensitif terhadap perubahan suhu. Saat suhu dingin berkombinasi dengan kelembaban tinggi, sel-sel tulang dan kartilago dapat mengalami kerusakan.

Waspada Terjadinya Cedera yang Lebih Tinggi

Selain menyebabkan masalah bagi penderita arthritis, cuaca yang lebih dingin juga meningkatkan risiko cedera lutut. Hal ini karena penurunan suhu menyebabkan otot, tendon, dan ligamen menjadi kurang elastis dan lebih rentan terhadap robekan, keseleo, atau putus.

Cedera yang mungkin terjadi diantaranya tendonitis patellar yang disebabkan oleh kerusakan pada jaringan antara kneecap dan tibia. Cidera ini biasa terjadi pada lutut pelari yang merupakan istilah umum untuk berbagai kondisi lutut yang terkait dengan lari (seperti sindrom iliotibial).

Untuk mengurangi nyeri lutut Anda dapat menggunakan alat bantu jalan (unsplash)

Tips Kurangi Nyeri Lutut saat Cuaca Dingin

Jika Anda mengalami nyeri lutut saat cuaca dingin, berikut beberapa tips sederhana untuk mengurangi dampaknya dan membantu Anda mengelola gejala dengan lebih efektif:

  • Pantau rasa sakit dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit secara teratur, sesuai resep dokter. Namun pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis.
  • Kehangatan dapat membantu mengurangi nyeri sendi. Maka dari itu pastikan tetap hangat di rumah dengan menjaga rumah Anda tetap hangat dan menggunakan selimut listrik serta botol air panas. Selain itu, berpakaianlah dengan baik ketika keluar, agar tetap hangat dan kering. Tetaplah di dalam ruangan jika memungkinkan dalam kondisi cuaca ekstrem.
  • Tetaplah aktif, meskipun godaan untuk duduk santai di depan TV dan tidak melakukan apa-apa. Cobalah beberapa peregangan sederhana setiap hari untuk menjaga kelenturan dan kekuatan sendi Anda. Mintalah dokter Anda untuk merekomendasikan latihan dasar.
  • Gunakan penyangga lutut untuk mengurangi pembengkakan dan membantu meningkatkan stabilitas lutut Anda.
  • Tetaplah terhidrasi dengan baik dan makanlah dengan baik. Hidup dengan nyeri kronis dapat membuat Anda lelah dan mungkin juga menyebabkan kecemasan dan depresi, jadi penting untuk menjaga kesehatan diri sebaik mungkin. Mulailah mendapatkan tidur yang cukup dan selalu jaga kesehatan fisik dan mental Anda.

Selain lutut nyeri saat cuaca dingin, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi