Meredakan Nyeri Mentruasi Tanpa Obat? Lakukan Beberapa Hal Berikut

| 22 Feb 2024 06:34
Meredakan Nyeri Mentruasi Tanpa Obat? Lakukan Beberapa Hal Berikut
Ilustrasi nyeri menstruasi. (Yuris Alhumaydy/Unsplash)

ERA.id - Saat masa menstruasi tiba, banyak wanita yang mengalami nyeri haid atau dismenore. Rasa nyeri tersebut biasanya muncul pada awal masa menstruasi, tepatnya pada perut bagian bawah.

Nyeri yang dirasakan bisa terasa ringan dan tidak mengganggu, hingga terasa berat dan tidak tertahankan hingga mengganggu rutinitas sehari-hari. Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, sebenarnya bisa melakukan penanganan dengan meredakan nyeri menstruasi tanpa obat. Untuk selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Menghilangkan Nyeri Menstruasi Tanpa Obat

Saat Anda merasakan nyeri menstruasi yang tidak tertahankan, untuk meredakannya, tentunya Anda akan membutuhkan obat.

Selain obat-obatan, sebenarnya masih banyak perawatan mandiri lain yang bisa Anda lakukan.

Di bawah ini adalah perawatan sederhana yang mampu mengurangi bahkan menghilangkan nyeri menstruasi, yaitu:

Olahraga ringan

Banyak yang berpikir bahwa olahraga wajib dihindari saat nyeri haid. Faktanya, olahraga menjadi hal yang dianjurkan dokter saat nyeri karena mampu meringankan rasa sakit.

Olahraga berat mungkin tidak dokter anjurkan saat Anda merasa kesakitan. Namun, peregangan ringan, berjalan-jalan atau melakukan yoga benar-benar akan membantu.

Dengan berolahraga, Anda akan melepaskan endorfin yang disebut-sebut sebagai hormon penghilang rasa sakit alami.

Ilustrasi yoga, olahraga yang dapat dilakukan saat haid (Unsplash)

Kompres air hangat

Anda bisa mengisi air hangat ke dalam botol atau bantal pemanas dan selanjutnya ditempelkan ke bagian perut. Rasa panas yang terhantar ke perut dapat mengendurkan otot dan mengurangi kram.

Selain itu, panas akan membuat otot rahim dan organ di sekitarnya rileks, sehingga otomatis meredakan kram dan ketidaknyamanan.

Anda juga dapat memposisikan bantal pemanas di punggung bawah untuk meredakan sakit punggung.

Cara lainnya, Anda bisa berendam dalam air hangat yang membantu melemaskan otot-otot di perut, punggung, dan kaki.

Akupunktur

Hasil penelitian yang dipublikasikan di PLOS One menyimpulkan, akupunktur mampu mengurangi kram menstruasi.

Selain mampu mendorong pelepasan endorfin, perawatan ini bisa mengurangi peradangan dan membantu wanita lebih rileks.

Pijat

Pijatan lembut di area atas perut juga bisa membuat rileks otot-otot panggul dan mengurangi kram.

Sebelum memijat, Anda bisa mengoleskan minyak pijat, body lotion, atau minyak kelapa ke kulit agar lebih mempermudah proses pemijatan.

Mengoleskan minyak esensial

Penelitian yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information membandingkan pereda nyeri haid setelah menerima pijat perut pada dua kelompok siswa perempuan.

Satu kelompok menerima pijatan menggunakan minyak almond, sedangkan kelompok lain mendapat pijatan menggunakan campuran minyak esensial yang terdiri dari kayu manis, cengkeh, lavender, dan mawar dalam basis minyak almond.

Para peneliti mendapati bahwa kelompok yang menggunakan minyak esensial merasa lebih lega dari kram menstruasi daripada kelompok yang hanya memanfaatkan minyak pembawa.

Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa menambahkan beberapa tetes setidaknya satu dari minyak esensial ini ke minyak pembawa untuk memijat perut.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri menstruasi tanpa obat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi