Kebiasaan Pagi untuk Menurunkan Tensi Darah, Lakukan Hal Berikut!

| 24 Feb 2024 08:22
Kebiasaan Pagi untuk Menurunkan Tensi Darah, Lakukan Hal Berikut!
Ilustrasi (Freepik/jcomp)

ERA.id - Untuk kebanyakan orang, tekanan darah tinggi mungkin tidak memberikan adanya gejala yang berarti. Namun, untuk sebagian orang, menjaga tekanan darah penting dilakukan dengan menjalani kebiasaan-kebiasaan pagi untuk menurunkan tensi darah.

Diketahui, perubahan gaya hidup dipercaya dapat menurunkan tensi secara alami. Ahli jantung olahraga di McGovern Medical School, UTHealth, John Higgins, menyebutkan perubahan ini dapat dimulai seseorang pada pagi hari.

"Mencoba perubahan ini di pagi hari, ketika tekanan darah Anda mulai meningkat bahkan sebelum Anda bangun, adalah saat yang sangat baik untuk memulai," jelas Higgins seperti yang dikutip dari Livestrong.

Menurutnya, pagi hari juga menjadi waktu di mana potensi penyakit jantung lebih mungkin terjadi.

Kebiasaan Pagi untuk Menurunkan Tensi Darah

Mengutip dari berbagai sumber, di bawah ini adalah sejumlah kebiasaan yang dapat dilakukan untuk menurunkan tensi darah secara alami.

Meditasi

Untuk mengawali hari, Anda dapat membuat tubuh Anda rileks sehingga memberikan dampak positif pada tekanan darah. Latihan meditasi akan membantu tubuh Anda lebih rileks dan secara alami menurunkan tensi.

Dari sebuah studi yang pernah dilakukan, orang dengan hipertensi ringan yang latihan meditasi mindfulness mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Ilustrasi meditasi (iStockphoto)

Jam bangun tidur konsisten

Anda dapat mengagendakan jam bangun tidur agar jam bangun tetap sama dari hari ke hari. Jam bangun yang konsisten dapat mengatur jam internal tubuh dan membuat tekanan darah menjadi sehat.

Ganti kopi pagi

Bagi Anda yang terbiasa ngopi pagi, sebaiknya mengubah kebiasaan ini atau diganti dengan decaffeinated coffee (kopi tanpa kafein).

Kopi memiliki kandungan kafein yang bersifat sebagai stimulan dan membuat tekanan darah menjadi naik.

"Dua sampai empat cangkir kopi (sekitar 200-300 mg kafein) akan meningkatkan tekanan darah sistolik sekitar 8 mmHg dan diastolik sekitar 6 mmHg," jelas Higgins.

Anda juga disarankan untuk mengawali hari dengan segelas air mineral.

Sarapan dengan menu seimbang

Jika hendak menurunkan tensi secara alami, maka sebaiknya jangan sampai melewatkan sarapan. Menurut meta-analisis pada Maret 2022, melewatkan sarapan berisiko menyebabkan hipertensi pada orang dewasa.

Selanjutnya pilih menu sarapan yang tepat dan kandungan gizi seimbang. Anda bisa sarapan dengan kacang-kacangan plus yogurt rendah lemak. Menu kacang pun dapat diganti dengan potongan buah segar.

Olahraga

Pagi merupakan waktu terbaik bagi Anda yang ingin berolahraga. Anda tidak harus ke gym atau menjadwalkan olahraga berat. Cukup melakukan peregangan, jalan kaki ringan atau jogging selama 15-30 menit secara teratur sudah bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Melansir dari NDTV, setidaknya untuk tubuh sehat dan bugar dibutuhkan olahraga selama 150 menit per minggu.

Sisihkan gula

Gula memang tidak termasuk menu sarapan ideal. Donat, pastry, sereal yang tinggi gula dapat mempengaruhi tekanan darah.

"Konsumsi gula, khususnya fruktosa tinggi, bisa memengaruhi jalur yang berkaitan dengan hormon aldosteron dan peptida endotelin, yang keduanya membantu mengatur tekanan darah," jelas Higgins.

Demikianlah ulasan tentang kebiasaan pagi untuk menurunkan tensi darah yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi