Buah Pantangan Darah Tinggi, Kenali Jenis-jenisnya!

| 26 Feb 2023 13:25
Buah Pantangan Darah Tinggi, Kenali Jenis-jenisnya!
Buah pantangan darah tinggi (Foto: Pixabay)

ERA.id - Tekanan darah yang normal umumnya berada pada 120/ 80 mmHg. Konsensus medis menyepakati jika nilai tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg maka seseorang tersebut mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Makanan yang dikonsumsi menyumbang peran cukup besar bagi terjadinya darah tinggi. Pemilihan pola hidup dan makanan yang tepat dan benar menjadi cara untuk tetap menjaga tekanan darah pada posisi normal, termasuk pantangan makanan dan salah satunya adalah buah pantangan darah tinggi.

Kasus hipertensi atau tekanan darah tinggi terus meningkat dari tahun ke tahun. Data Riskesdas Kemenkes Republik Indonesia menunjukkan, kasus hipertensi di Tanah Air meningkat menjadi 34,1 persen pada akhir tahun 2018.

Tekanan darah ditentukan oleh berapa banyak volume darah yang dipompa oleh jantung dan resistensi aliran darah di pembuluh darah/arteri. Jadi, tekanan darah akan terukur lebih tinggi apabila jantung memompa darah lebih cepat dan atau arteri lebih sempit.

Memilih makanan termasuk buah bagi yang bertekanan darah tinggi menjadi salah satu cara mudah untuk menjaga. Adapun buah pantangan darah tinggi adalah sebagai berikut:

Buah Berry

Kelompok buah beri seperti blueberry dan stroberi dapat menaikkan tekanan darah. Buah-buahan ini secara langsung juga bermanfaat bagi pemilik darah rendah. Kedua jenis buah-buahan ini mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid yang bermanfaat untuk penderita darah rendah.

Pisang

Buah pisang mengandung kalium yang bisa membantu mengelola tekanan darah. Menurut American Heart Association (AHA) kalium dalam buah pisang bisa mengurangi efek natrium dan menyeimbangkan tegangan pada dinding pembuluh darah. Memakan pisang dalam kuantitas besar dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kiwi

Kiwi setiap hari bisa membantu mengelola tekanan darah lebih baik. Kiwi sangat kaya akan vitamin C. Sebuah studi mengungkapkan jika mengonsumsi rutin minimal 500 miligram (mg) vitamin C setiap hari selama 8 minggu dapat menaikan tekanan darah.

Semangka

Buah untuk menaikkan tensi berikutnya adalah semangka. Mengutip dari National Library of Medicine, sebuah studi tahun 2019 mengungkapkan, 27 orang yang mengonsumsi jus semangka atau minuman olahan semakan sebelum berolahraga bisa menaikkan tensi darah.

Mangga

Mangga (Pixabay)

Mangga adalah salah satu buah yang juga dapat menaikkan tekanan darah. Mangga mengandung sumber serat yang tinggi serta beta karoten yang baik.

Alpukat

Kalium dalam alpukat membantu meningkatkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam darah serta mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Anggur

Anggur (Pixabay)

Semua jenis anggur memiliki kandungan polifenol. Kandungan polifenol dalam anggur cukup tinggi, sehingga bisa membantu mencegah sindrom dan meningkatkan tekanan pada darah.

Tomat

Buah yang dapat menaikkan tekanan darah berikutnya adalah tomat. Tomat mengandung likopen dan antioksidan untuk jantung dan dapat mengatur tekanan darah.

Namun para peneliti menyebutkan, untuk mendapatkan manfaat alami dari tomat sebaiknya mengonsumsinya secara langsung dan bukan dimasak atau diolah.

Buah pantangan darah tinggi tersebut dapat dihindari jika sedang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika gejala lebih berat dan berlanjut dapat segera mengatasinya dengan berkonsultasi dengan terapis kesehatan dan dokter agar mendapatkan upaya yang tepat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi