Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Begini Caranya

| 10 Mar 2024 11:03
Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Begini Caranya
Ilustrasi menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. (Freepik)

ERA.id - Ketombe pada rambut merupakan masalah pada kulit kepala yang mengganggu. Ketombe bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari cuaca yang berubah-ubah, cara perawatan yang salah, hingga timbulnya jamur. Ada beberapa cara untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami, seperti jeruk nipis. Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dapat dilakukan sendiri sebagai perawatan mandiri dan natural.

Penyebab Ketombe

Ketombe seringkali disebabkan oleh adanya Malassezia, jamur seperti ragi yang mengonsumsi minyak yang ada di kulit kepala. Seperti jamur alami lainnya, Malassezia biasanya tidak menyebabkan masalah yang besar kecuali bila jumlahnya berlebihan. Jamur yang terlalu banyak bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi. Akibatnya terjadilah ketombe dan gangguan kulit kering lainnya.

Sensitivitas terhadap produk rambut juga bisa menjadi penyebab ketombe. Alergi dan iritasi pada produk tertentu bisa menyebabkan peradangan di kulit kepala sehingga menyebabkan dermatitis kontak. Kondisi ini bisa menimbulkan ruam merah, gatal dan bersisik.

Penyebab ketombe lainnya secara umum, yaitu kulit kapala berminyak, kulit kepala kering, jarang keramas, dan kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis.

Jeruk Nipis Sebagai Anti Ketombe

Jeruk nipis dipercaya bisa mengatasi ketombe karena memberikan manfaat-manfaat sebagai berikut:

  • Memberikan vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit.
  • Menyeimbangkan pH kulit kepala untuk mencegah ketombe.
  • Memperkuat folikel rambut.
  • Menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala yang menyebabkan penumpukan dan serpihan kulit kepala.
Ilustrasi jeruk nipis. (Pixabay)

Cara Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Ketombe

Aplikasikan Secara Langsung

Jeruk nipis dapat diaplikasikan langsung ke kulit kepala. Lakukanlah hal ini sebelum keramas. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu gosokkan jeruk nipis ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama beberapa menit agar sari buah ini meresap ke dalam folikel rambut dan kulit. Bisa juga dibungkus dengan shower cap atau handuk selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu cuci rambut dan kulit kepala dengan sampo berbahan ringan. Lakukan perawatan dengan air jeruk nipis ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang signifikan.

Campur Dengan Shampoo dan Conditioner

Cara ini dalat lakukanan saat mandi dan keramas. Caranya dengan peras 2-3 jeruk nipis dan campur air perasannya dengan shampoo atau conditioner. Air perasannya tidak dituang ke dalam botol melainkan ke telapak tangan. Aplikasikan pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat lembut. Kemudian bilas kepala hingga bersih.

Dicampur Dengan Bahan Lain

Jeruk nipis juga bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan alami lainnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih, seperti madu, yoghurt, minyak tea tree, minyak zaitun, minyak jarak, lidah buaya, minyak kelapa hingga gula dan garam. Campuran tersebut berguna sebagai campuran dan scrub untuk mengelupaskan kulit kepala atau larutan perawatan sebelum keramas. Adapun manfaat dari beberapa bahan alami yang dapat digunakan bersama dengan jeruk nipis, yaitu:

  • Madu dan jeruk nipis merupakan kombinasi sempurna untuk menghilangkan ketombe karena madu murni mengandung antibakteri dan antijamur yang bisa membantu meminimalkan ketombe.
  • Yoghurt memiliki kandungan lactic acid yang berfungsi mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang menumpuk, termasuk ketombe. Kandungan citric acid di dalam jeruk nipis juga dapat menyeimbangkan pH di kulit kepala.
  • Tea tree oil juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Kandungan antibakteri dan antijamur di dalam tea tree oil dapat membasmi bakteri dan jamur penyebab ketombe di kulit kepala.
  • Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bagus untuk mengatasi ketombe. Lidah buaya juga mengandung enzim yang mampu mengurangi iritasi dan antioksidan untuk mencegah kerusakan.
  • Minyak zaitun dipercaya dapat mengatasi masalah rambut. Minyak zaitun dengan jeruk nipis. memiliki efek yang sangat bagus untuk menghilangkan ketombe.
  • Minyak jarak atau Castor oil memiliki kandungan antimikroba yang mampu melawan bakteri penyebab ketombe dan jamur sehingga kulit kepala kembali sehat.
  • Minyak kelapa dikenal secara umum sebagai pelembap rambut yang kering. Selain itu, kandungan antimikroba dan antijamur di dalam minyak kelapa juga mampu menghilangkan ketombe. Jika dikombinasikan dengan jeruk nipis, minyak kelapa bisa membasmi ketombe dan membuat rambut lebih hitam.
  • Gula dapat digunakan sebagai scrub alami. Penambahan gula pada jeruk nipis dapat membersihkan kulit kepala.
  • Garam dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit kepala dan juga melawan pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Tekstur garam yang kasar dapat mengangkat ketombe secara alami dan menyeluruh.

Penggunaan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan ketombe bisa dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal dan signifikan. Perawatan mandiri dan natural ini juga lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya. Selamat mencoba.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi