Niacinamide Bermanfaat Dalam Merawat Kulit Kepala hingga Mencegah Ketombe

| 07 Mar 2024 12:30
Niacinamide Bermanfaat Dalam Merawat Kulit Kepala hingga Mencegah Ketombe
Manfaat niacinamide pada kulit kepala (Pexel)

ERA.id - Kulit kepala yang sehat menjadi kunci utama untuk memilih rambut yang kuat dan terhindar dari ketombe.

Untuk merawat kulit kepala, salah satu bahan yang bisa digunakan adalah niacinamide.

Dr. Farhan Zubedi, ahli dermatologi, menjelaskan bahwa niacinamide juga dikenal sebagai vitamin B3.

Ini membuatnya tidak hanya bermanfaat pada kulit wajah, tetapi juga pada kulit kepala dan bisa mencegah munculnya ketombe.

"Berdasarkan studi yang dilakukan National Institutes of Health, niacinamide terbukti memberikan perlindungan untuk kulit kepala, dan hasil jangka panjang untuk mencegah munculnya ketombe," kata Dokter Farhan  saat acara CLEAR Community and Media Gathering di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Salah satu penyebab ketombe muncul adalah sebum yang berlebihan di kulit kepala. Niacinamide mampu mengontrol produksi sebum pada kulit kepala, sehingga dapat mencegah ketombe.

"Sebum yang berlebihan dapat menjadi pemicu utama ketombe. Dengan menggunakan produk yang mengandung niacinamide secara teratur, kita dapat menjaga keseimbangan produksi sebum di kulit kepala, sehingga mengurangi risiko terjadinya ketombe," jelasnya.

Niacinamide juga mampu membantu mengurangi radang dan inflamasi pada kulit kepala. Ini akan membuat kulit kepala dan rambut tetap terasa nyaman.

"Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, niacinamide dapat membantu mengurangi radang dan inflamasi di kulit kepala. Ini akan membuat kulit kepala terasa lebih nyaman dan sehat secara keseluruhan," pungkas Dokter Farhan.

Rekomendasi