Tubuh Tetap Kenyang dan Terhidrasi, 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

| 10 Mar 2024 07:02
Tubuh Tetap Kenyang dan Terhidrasi, 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur
Ilustrasi puasa (Foto: Pexels/hirdman)

ERA.id - Bulan Ramadan 2024 tinggal menghitung hari. Sangat penting bagi umat Islam untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi pada tubuh. Sahur menjadi bagian penting sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Umat Muslim menjalankan ibadah puasa akan menyantap sahur, yakni jam makan sebelum fajar menjelang subuh. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan tepat saat sahur supaya rasa lapar di siang hari bisa dikurangi.

Dengan menyantap makanan nutrisi seimbang, kamu mendapatkan energi dan stamina bagus. Berikut 5 makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur dan membuat tubuh tetap kenyang, seperti dilansir dari laman NDTV FOOD.

1. Telur

Telur dipenuhi dengan banyak protein. Telur kaya akan vitamin dan nutrisi. Makan telur akan membuat kamu merasa kenyang. Ada banyak cara untuk mengonsumsi telur. 

Kamu bisa membuat telur dadar sayur yang kental dan memadukannya dengan roti cokelat. Kamu juga bisa membuat telur orak-arik dan menaruhnya di atas roti cokelat yang sudah dilapisi selai kacang atau selai almond. Kamu bisa menyimpan telur rebus selama seminggu lalu mencampurkannya dengan salad.

2. Gandum

Makanan kaya protein tidak hanya memiliki satu tapi banyak manfaat. Makanan kaya protein memberimu energi yang cukup. Oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat yang menggugah selera. 

Kamu bisa membuat smoothie oatmeal yang mengandung pisang dan susu. Ini akan membuatnya lebih enak dan beraroma. Kamu juga bisa memilih untuk menambahkan kacang. Sesuaikan masakan sedemikian rupa agar terasa lezat dan mengenyangkan.

3. Ikan/Ayam

Ikan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas. Usahakan ikan tidak digoreng karena dapat menyebabkan kembung. Makanan yang digoreng adalah hal yang sangat dilarang. Itu karena bisa membuatmu semakin haus. Karena air dilarang selama puasa, penting untuk menghindari makanan apa pun yang mungkin membuatmu haus di kemudian hari. 

Ayam mempunyai kandungan nutrisi penghasil energi yang akan memudahkan seseorang yang berpuasa untuk beraktivitas sepanjang hari. Seseorang bisa memasangkan ayam dengan sayuran. Jika ingin makan ikan, maka kamu bisa memilih sarden.

4. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran kaya akan mineral dan vitamin yang membantu seseorang merasa berenergi. Selain hanya minum air putih, seseorang juga perlu makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang akan membantu tetap terhidrasi. 

Beberapa contohnya adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, dan seledri. Kamu bisa membuat salad yang menggabungkan beberapa buah dan sayuran. Dengan ini, kamu bisa menikmati manfaat sehatnya sekaligus.

5. Kacang

Kacang bisa membuat manusia kenyang hanya dengan jumlah sedikit. Jika memadukan kacang dengan susu panas, maka itu akan menjadi kombinasi yang sehat karena produk susu juga sangat mengenyangkan. 

Kamu juga bisa menambahkan kacang ke dalam yogurt. Jika ingin dipadukan dengan roti bisa menggunakan selai kacang . Selai almond dan selai kacang akan memberikan energi sekaligus membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Rekomendasi