Apa Itu Kalistenik, Bedanya dengan Gym, dan Manfaat bagi Kesehatan

| 23 Mar 2024 07:06
Apa Itu Kalistenik, Bedanya dengan Gym, dan Manfaat bagi Kesehatan
Apa itu kalistenik (unsplash)

ERA.idKalistenik menjadi olahraga murah yang hanya memanfaatkan gravitasi dan gerakan tubuh untuk melatih seluruh otot tanpa memerlukan peralatan mahal. Apa itu kalistenik dan bagaimana pola latihannya?

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang apa itu kalistenik, manfaatnya, dan berbagai gerakan yang dapat Anda coba.

Apa Itu Kalistenik?

Dilansir dari laman Men’s Health, istilah calisthenics berasal dari kata Yunani ‘Kalos’ yang berarti keindahan dan ‘Stenos’ yang diterjemahkan sebagai kekuatan.

Awalnya, calisthenics adalah metode untuk meningkatkan kesehatan pada anak sekolah, tetapi berkembang menjadi metode latihan yang memiliki banyak kesamaan dengan senam lantai.

Namun, tidak seperti senam, calisthenics dapat dilakukan di luar ruangan dan dikenal sebagai ‘workout jalanan’.

Apa bedanya calisthenics dan gym?

Baik calisthenics maupun latihan beban adalah metode latihan yang bermanfaat. Tetapi jika Anda memiliki target tertentu, Anda mungkin ingin menyesuaikan latihan Anda untuk memenuhinya, berikut penjelasannya:

  1. Untuk Hipertrofi

Jika tujuan Anda adalah membangun lengan yang besar atau dada yang kokoh dan terpahat, maka Anda mungkin akan lebih mudah menggunakan set dumbel atau barbel.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa atau tidak akan membangun otot dengan calisthenics. Tetapi berolahraga dengan beban akan memudahkan Anda untuk mengisolasi dan melatih kelompok otot tertentu.

“Jika hipertrofi yang ditargetkan adalah tujuan Anda, mengangkat beban akan memungkinkan Anda untuk mendorong kelompok otot lebih dekat ke titik gagal dan karenanya meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan ukuran di area tertentu itu,” kata penulis kebugaran Men's Health, Kate Neudecker.

  1. Untuk Kekuatan

Anda hanya perlu melihat betapa kuat dan rampingnya para pesenam, padahal mereka hanya membangun kekuatan hanya dengan berat badan.

"Tentu saja, kita tahu bahwa mencapai angka tinggi dengan barbel adalah standar tertinggi dalam hal kekuatan. Tapi, mungkin perlu ditanyakan - untuk tujuan apa? Jika itu membuat Anda konsisten, termotivasi, dan Anda menikmatinya, maka lakukanlah untuk angkat beban yang berat” kata Neudecker.

Latihan calisthenics menjadi penanda kekuatan yang baik dalam hubungannya dengan massa tubuh. Jadi, bagi orang yang memiliki tujuan komposisi tubuh, tetapi cenderung terpaku pada timbangan maka kalistenik dapat menjadi pilihan.

  1. Untuk membakar Kalori

Angkat besi dapat berkontribusi pada penurunan berat badan secara keseluruhan, tetapi jika Anda benar-benar ingin mengurangi berat badan, maka disarankan untuk memilih calisthenics.

"Semua latihan resistensi, baik angkat beban atau berat badan, akan berkontribusi pada pengeluaran kalori harian Anda, tetapi latihan berat badan cenderung menggunakan rentang repetisi tinggi atau ditempatkan dalam sirkuit, yang dapat meningkatkan total output energi dari latihan," kata Neudecker.

Apa manfaat Calisthenic (unsplash)

Apa manfaat Calisthenic?

Tayo Awoderu, seorang pelatih calisthenics profesional memberikan beberapa alasan mengapa calisthenic dapat efektif membangun otot hanya dengan berat badan Anda sendiri, berikut beberapa di antaranya:

  1. Tidak Memerlukan Peralatan

Salah satu keuntungan terbesar dari calisthenics adalah Anda bisa melakukannya di mana saja, tanpa perlu peralatan mahal atau keanggotaan gym. Yang Anda perlukan hanyalah tubuh Anda dan ruang terbuka untuk mendapatkan latihan.

  1. Meningkatkan Kekuatan Fungsional

Gerakan calisthenics meniru gerakan alami tubuh, seperti mendorong, menarik, jongkok, dan melompat. Jenis latihan ini dapat meningkatkan kekuatan fungsional, yang membantu dalam aktivitas sehari-hari dan performa olahraga.

  1. Meningkatkan Kelenturan dan Mobilitas

Calisthenics membutuhkan rentang gerak penuh, yang dapat membantu meningkatkan kelenturan dan mobilitas. Seiring waktu, jenis latihan ini dapat membantu mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  1. Membangun Massa Otot Tanpa Lemak

Latihan calisthenics melatih beberapa kelompok otot secara bersamaan, dan menghasilkan fisik yang lebih kencang dan terdefinisi. Dengan latihan yang konsisten, Anda dapat membangun massa otot tanpa lemak dan meningkatkan komposisi tubuh Anda.

  1. Latihan Seluruh Tubuh

Latihan calisthenics seringkali melibatkan gerakan gabungan yang melatih beberapa kelompok otot sekaligus. Ini berarti Anda bisa mendapatkan latihan seluruh tubuh dalam waktu singkat dan menjadikannya bentuk latihan yang efisien dan efektif.

Selain apa itu kalistenik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi