Tips Sederhana biar Nggak Gampang Sakit Selama Puasa

| 21 Mar 2024 12:10
Tips Sederhana biar Nggak Gampang Sakit Selama Puasa
Cara mencapai kesehatan holistik (Pexel/Oleksandr P)

ERA.id - Selama puasa Ramadan menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar tetap kuat menjalani puasa. Namun, kesehatan yang dijaga bukan hanya tubuh saja, melainkan secara holistik atau keseluruhan.

Kesehatan secara holistik ini mencakup keseluruhan, mulai dari tubuh, jiwa, dan pikiran. Dengan itu, selama bulan Ramadan penting untuk memperhatikan ketiga aspek tersebut.

"Ngomongin sehat kadang-kadang pikirannya badannya bagus, fisik semuanya. Tapi sebenarnya sehat itu adalah holistik, jiwanya, raganya, pikiran, jadi keseluruhan," kata Fitness Trainer, Content Creator & Entrepreneur, Salsabila Avinandita, saat Bincang Shopee Big Ramadan Sale, di kawasan Kemang, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

"Intinya adalah teman-teman harus selalu semangat bahwa Ramadan adalah cara yang paling tepat semakin sehat dan bugar, secara tubuh, jiwa, dan pikiran," tambahnya.

Untuk menjaga kesehatan dari sisi tubuh, yang harus diperhatikan adalah asupan makanan. Mengonsumi makanan sehat selama puasa penting dilakukan agar tubuh tetap kuat dan bugar.

"Kita harus memperhatikan tubuh kita dengan paling gampang, makan yang benar. Apa yang harus masuk ke tubuh kita, kita harus tahu persis. Asupan makanan (yang sehat) itu yang bikin badan kita makin kuat. Itu untuk tubuh ya," jelasnya.

Selain konsumsi makanan sehat, melakukan aktivitas fisik atau olahraga juga penting meskipun sedang puasa. Ini karena dengan aktivitas fisik energi bisa bertambah dan semangat menjalani hari.

"Lalu aktivitas fisik juga harus. Jadi Ramadan bukan berarti kita diam saja, tetapi harus semangat, karena dengan aktivitas fisik, badan juga dikasih energi," tuturnya.

Sementara itu, untuk ketenangan jiwa dan pikiran, bisa diperoleh dengan melakukan berbagai kegiatan yang disukai ketika menghabiskan waktu luang. Seperti membaca buku hingga menonton film, atau kegiatan lainnya yang membuat diri merasa tenang.

"Kalau dari pikiran, masukin aktivitas yang kamu suka. Misalnya baca buku, nonton film, karena sebenarnya kita kan puasa memotong waktu makan, jadi bisa dipakai untuk aktivitas yang kita sukai," pungkas Salsabila Avinandita.

Rekomendasi