Rawan Terjadi saat Bulan Puasa, Ini 5 Cara Mengatasi Sariawan

| 23 Mar 2024 09:45
Rawan Terjadi saat Bulan Puasa, Ini 5 Cara Mengatasi Sariawan
Ilustrasi sariawan (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Sariawan menjadi salah satu masalah kesehatan yang biasanya terjadi saat berpuasa selain gangguan pencernaan. Sebab saat puasa, mulut menjadi lebih kering dan dapat menjadi pemicu bertambahnya jumlah bakteri.

Selain menimbulkan bau mulut, hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sariawan yang membuat nyeri. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi sariawan saat puasa.

Dilansir Healthline, sariawan merupakan luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri, dan muncul pada jaringan lunak dalam mulut, bawah lidah, dasar gusi, atau sepanjang sisi rongga mulut.

Sariawan dapat muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus. Namun, sariawan bukanlah tipe penyakit yang menular. Sariawan terjadi karena daya tahan tubuh yang melemah, kekurangan vitamin B12 dan/atau asam folat, dan juga infeksi bakteri atau virus tertentu.

Perubahan hormon tubuh terjadi seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Ilustrasi sariawan. (Foto: Pixabay)

Cara mengatasi sariawan saat Puasa

Sariawan yang dialami pada saat puasa dapat mengganggu dan menjadikan tubuh tidak nyaman. Selain menimbulkan nyeri, hal ini juga dapat menimbulkan kesulitan makan ataupun minum, dan menjadikan mulut lebih kering. Namun Anda tidak perlu cemas, sebab ada beberapa cara mengatasi sariawan yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Berkumur dengan air garam

Garam yang dicampur dengan air hangat dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur praktis untuk mengatasi sariawan. Hal ini disebabkan garam mengandung sifat antiseptik, sehingga dapat membantu proses penyembuhan sariawan dengan lebih efektif.

2. Kelapa

Kelapa diyakini dapat menjadi obat sariawan di lidah atau di bibir. Bahan ini berfungsi untuk mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang muncul akibat sariawan. Kelapa juga diyakini bisa membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab terjadinya sariawan.

Cara memanfaatkan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Cukup dengan mencampur madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, kemudian oleskan ramuan tersebut di luka sariawan. Lakukan hal ini sebanyak 3-4 kali dalam sehari, hingga sariawan mulai terlihat mengempis.

3. Oleskan madu

Madu juga menjadi salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu di atas area yang sedang sariawan. Seperti yang diketahui, madu mempunyai sifat antiradang sekaligus antibakteri, yang dapat membantu mengurangi rasa perih dan membuat proses pemulihan sariawan lebih cepat.

4. Oleskan gel lidah buaya

Satu sariawan di lidah dapat menjadikan seluruh mulut terasa tak nyaman dan panas. Anda bisa siapkan daun lidah buaya asli dan cuci hingga bersih sebagai obat sariawan di lidah. Selanjutnya, oleskan getah atau daging lidah buaya langsung pada sariawan secukupnya. Kemudian ulangi dua sampai tiga kali sehari selama beberapa jam. Lidah buaya diyakini ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah sebab berfungsi sebagai anti-peradangan dan pereda nyeri yang alami. 

5. Kantung teh bekas

Anda juga bisa mengompreskan kantung teh bekas untuk dijadikan obat sariawan di lidah dan bibir. Kantong teh bersifat basa bisa menetralisir lingkungan mulut yang asam agar rasa sakit akibat sariawan tersebut tidak menjadi lebih parah. Anda cukup menempelkan kantung teh celup bekas pakai pada sariawan selama kira-kira lima menit.

Nah, itulah informasi tentang  cara mengatasi sariawan saat puasa, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi