Batas Normal Trigliserida dan Tips Hidup Sehat

| 11 May 2023 07:20
Batas Normal Trigliserida dan Tips Hidup Sehat
Batas normal trigliserida (unsplash)

ERA.id - Trigliserida adalah salah satu jenis lemak dalam darah yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Jika Anda mengalami kelebihan trigliserida, maka tubuh rentan diserang penyakit kronis, untuk itu penting mengetahui batas normal trigliserida.

Meskipun tubuh memerlukan trigliserida untuk mendapatkan energi, tetapi kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui batas normal trigliserida dan menjaga gaya hidup yang sehat untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

Berapa Batas Normal Trigliserida dalam Darah?

Dilansir dari mayo clinic, tes darah sederhana dapat menunjukkan apakah trigliserida Anda berada dalam kisaran yang sehat atau tidak, berikut ini rinciannya:

●        Normal - Kurang dari 150 miligram per desiliter (mg/dL), atau kurang dari 1,7 milimol per liter (mmol/L)

●        Batas tinggi - 150 hingga 199 mg/dL (1,8 hingga 2,2 mmol/L)

●        Tinggi - 200 hingga 499 mg/dL (2,3 hingga 5,6 mmol/L)

●        Sangat tinggi - 500 mg/dL atau lebih tinggi (5,7 mmol/L atau lebih tinggi)

Dokter Anda biasanya akan memeriksa trigliserida tinggi sebagai bagian dari tes kolesterol, yang kadang-kadang disebut panel lipid atau profil lipid. Anda harus berpuasa sebelum darah dapat diambil untuk pengukuran trigliserida yang akurat.

Orang yang memiliki kadar trigliserida tinggi atau sangat tinggi cenderung lebih rentan terhadap masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Tips Hidup Sehat untuk Menjaga Kadar Trigliserida Normal

Tips Hidup Sehat untuk Menjaga Kadar Trigliserida Normal (unsplash)
  1. Makan makanan sehat

Untuk menjaga kadar trigliserida tetap normal, Anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, lemak trans, dan gula. Sebaliknya, konsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, dan lemak sehat seperti kacang-kacangan, ikan, dan sayuran.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan menjadi cara menurunkan trigliserida paling ampuh. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau setidaknya 150 menit dalam seminggu. Anda bisa melakukan aktivitas ringan seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang.

  1. Menjaga berat badan ideal

Kegemukan dan obesitas dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Oleh karena itu, menjaga berat badan yang sehat sangat penting untuk menjaga kadar trigliserida tetap normal.

  1. Hindari alkohol

Konsumsi alkohol berlebih dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Jika Anda mengonsumsi alkohol, batasi jumlahnya dan konsumsi dengan bijak.

  1. Kurangi konsumsi gula

Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula dalam makanan dan minuman Anda.

  1. Kurangi stres

Stres dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah. Cobalah untuk mengurangi stres dengan meditasi, yoga, atau teknik relaksasi lainnya.

Selain batas normal trigliserida, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi