Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal Tanpa Menyiksa Diri

| 23 Aug 2023 11:05
Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal Tanpa Menyiksa Diri
Tips menjaga berat badan agar tetap ideal (unsplash)

ERA.id - Mempertahankan berat badan ideal adalah tantangan bagi Anda yang habis melakukan diet ketat. Bagaimana tips menjaga berat badan agar tetap ideal?

Dalam artikel ini, akan dikupas beberapa tips efektif yang dapat membantu Anda menjaga berat badan agar tetap ideal tanpa mengorbankan kesehatan dan kualitas hidup.

Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Dilansir dari Revere Health, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Kurangi Porsi Makan

Mengonsumsi porsi lebih kecil dapat membantu Anda menghindari makan terlalu banyak dan memungkinkan Anda makan lebih banyak makanan yang Anda sukai dalam kehidupan sehari-hari.

Asosiasi Jantung Amerika mengingatkan bahwa ukuran porsi berbeda dengan ukuran sajian, dan Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan di antara keduanya di sini.

  1. Konsumsi makanan yang baik

Makanan tinggi gula dan kalori dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika Anda tidak berhati-hati. Pilihlah makanan yang kaya nutrisi dan lezat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh.

Anda tidak perlu mengorbankan makanan favorit Anda untuk menjaga berat badan Anda. Anda boleh saja sesekali mengambil beberapa makanan kegemaran sebagai pelarian atau “cheating day”.

  1. Minum lebih banyak air

Minum air, bersama dengan mengonsumsi makanan baik dan berolahraga secara teratur, dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat. Menurut para ahli, minum air setiap hari juga dapat mengecilkan lingkar pinggang Anda dan mengubah persentase lemak tubuh Anda dari waktu ke waktu.

  1. Lacak apa yang Anda makan

Banyak orang tidak menyadari berapa banyak kalori yang mereka konsumsi, itulah mengapa penting untuk melacak dan memonitor total kalori yang Anda makan dan minum setiap hari.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi.

  1. Olahraga secara teratur

Berat badan tubuh Anda dipengaruhi oleh jumlah energi yang Anda konsumsi dan jumlah yang Anda gunakan. Jika Anda ingin menjaga berat badan Anda saat ini, Anda perlu menggunakan energi berimbang dengan yang Anda konsumsi.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus membakar lebih banyak kalori  (unsplash)

Namun untuk menurunkan berat badan, Anda perlu menggunakan lebih banyak energi daripada yang Anda konsumsi. Selain itu, temukan program latihan yang baik yang mencakup baik latihan kardio maupun latihan kekuatan.

Manfaat dari olahraga harian tidak hanya menjaga berat badan tubuh Anda tetap ideal; olahraga juga membangun otot, memperkuat jantung Anda, dan membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik.

  1. Tidur Cukup

Mendapatkan tidur yang cukup setiap malam membantu mereset tubuh Anda dan  mempersiapkannya untuk hari berikutnya. Mereka yang tidak cukup tidur cenderung makan lebih banyak sebagai cara untuk tetap terjaga.

Untuk itu, luangkan waktu setiap hari untuk mendapatkan tidur yang cukup. Melakukannya akan membantu Anda beraktifitas lebih baik sepanjang hari, dan mencegah Anda makan lebih banyak. Jika Anda kesulitan tidur, temukan cara untuk merilekskan tubuh Anda seperti yoga, membaca, atau peregangan.

  1. Tetapkan tujuan dan patuhi

Untuk mencapai tujuan apa pun, Anda perlu tahu di mana Anda berada saat ini. Temukan Indeks Massa Tubuh (BMI) Anda dan buat rencana untuk tetap dalam kategori sehat.

Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat mengunjungi dokter keluarga atau penyedia layanan kesehatan lainnya untuk saran. Lebih baik memulai dengan tujuan kecil jangka pendek yang Anda tahu bisa Anda capai. Melakukannya akan membantu Anda tetap berada pada jalur menuju tujuan jangka panjang Anda.

Selain tips menjaga berat badan agar tetap ideal, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi