Khasiat Kelapa Bakar yang Bisa Didapatkan, Ini Daftarnya

| 18 Apr 2024 22:25
Khasiat Kelapa Bakar yang Bisa Didapatkan, Ini Daftarnya
Ilustrasi (Gambar Xiaoyu Li - Unsplash)

ERA.id - Sajian kelapa kini semakin inovatif, bahkan sampai ada kelapa bakar. Kelapa bakar dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Namun, apakah ​benar manfaat kelapa bakar dapat menangani masalah kesehatan pada tubuh kita? Untuk itu, simak khasiat kelapa bakar di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Kelapa Bakar

Buah yang juga memiliki nama latin Cocos nucifera ini terbukti mengandung nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh. Melansir Pusat Data Nutrisi, dalam satu cangkir air kelapa ada berbagai kandungan sebagai berikut:

  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Kalori: 46
  • Magnesium: 15% dari asupan kebutuhan harian
  • Mangan: 17% dari asupan kebutuhan harian
  • Natrium: 11% dari asupan kebutuhan harian
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin C: 10% dari asupan kebutuhan harian

Semua kandungan di atas terbukti mampu mengatasi masalah penyakit kardiovaskular karena dapat mengontrol tekanan darah dan membuat peredaran darah semakin lancar. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan efektivitas air kelapa dalam melarutkan batu ginjal.

Namun, hal perlu diperhatikan adalah, manfaat buah kelapa ini teruji secara ilmiah pada kelapa segar, bukan kelapa yang sudah dibakar.

Ilustrasi penjual kelapa. (Antara)

Khasiat Kelapa Bakar

Apa saja manfaat kelapa untuk kesehatan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengatasi Dehidrasi Ringan

Manfaat kelapa muda bisa dirasakan karena kandungan air yang melimpah di dalamnya. Air kelapa ini berfungsi sebagai cairan isotonik alami sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi ringan. Air kelapa dapat digunakan sebagai pengganti cairan yang hilang setelah olahraga ataupun saat diare.

Cegah Kanker

Manfaat buah kelapa yang paling menakjubkan adalah mencegah penyakit kanker. Buah kelapa mengandung tinggi antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas yang menjadi pemicu utama kemunculan kanker.

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat kelapa bakar yang ditawarkan para penjualnya yaitu mampu menurunkan tekanan darah. Namun, manfaat ini jauh lebih sempurna jika kelapa muda dikonsumsi tanpa adanya proses pembakaran.

Air kelapa yang masih segar memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah risiko terkena penyakit stroke dan kanker. Bahkan kandungan kalium tinggi dan natrium rendah pada air kelapa dapat mencegah risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Cegah Batu Ginjal

Salah satu manfaat lainnya adalah dapat mengatasi batu ginjal. Pada dasarnya, manfaat ini akan didapatkan dengan mengonsumsi kelapa muda yang masih segar. Studi menyimpulkan air kelapa segar dapat melarutkan batu ginjal serta mengurangi kristal yang terbentuk dalam urine. Sehingga air kelapa ini akan mencegah risiko komplikasi yang diakibatkan batu ginjal.

Membantu Mengatasi Diabetes

Manfaat kelapa yang baik berikutnya yaitu membantu menangani diabetes. Air kelapa dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (LDL) dan membantu penyerapan gula darah dalam tubuh.

Mengontrol Berat Badan

Manfaat selanjutnya dari buah kelapa yaitu mampu mengontrol berat badan. Minyak yang dihasilkan dari ekstrak buah kelapa diyakini mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut secara efektif. Sehingga minyak kelapa ini menjadi alternatif minyak yang digunakan dalam masakan khusus bagi orang yang sedang diet.

Adapun jika ditinjau dari segi ilmu medis timur (China), air kelapa adalah salah satu jenis minuman yang memiliki karakter dingin. Proses pembakaran buah kelapa menjadi upaya agar karakter buah ini diimbangi dengan unsur api (panas). Seperti yang dijelaskan oleh Sinshe Tomy Aditama yang berpraktik di Rumah Sehat Toms Hepi Wellness Centre, Yogyakarta saat diwawancarai ERA.

“Karena buah kelapa memiliki karakter yang dingin, maka buah ini sebaiknya tidak diminum oleh orang dengan karakter tubuh yang dingin pula. Contohnya orang yang mudah lemas, pucat, tubuhnya rentan dengan suhu rendah/tidak tahan dingin, dan kurang darah. Tapi jika buah kelapa ini dibakar dulu, dan dikonsumsi dalam kondisi hangat, maka unsur api atau panas di dalamnya akan menjadi penetral, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang dengan karakter tubuh yang tadi.”

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi