Waspada Penyakit Aneurisma Aorta yang Bisa Mengancam Nyawa

| 03 May 2024 19:30
Waspada Penyakit Aneurisma Aorta yang Bisa Mengancam Nyawa
Ilustrasi penyakit aneurisma aorta (Amarillo Health)

ERA.id - Aorta merupakan pembuluh darah utama dan memiliki ukuran terbesar dari sistem peredaran darah. 

Aorta memiliki fungsi sangat penting dalam mengalirkan darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh melalui cabang-cabangnya .

Lantaran perannya yang vital ini, adanya gangguan pada aorta dapat mengganggu fungsi tubuh hingga mengakibatkan kematian. 

Salah satu penyakit pada pembuluh darah yang perlu diwaspadai adalah aneurisma aorta, yakni pelebaran abnormal pada dinding aorta. Risiko penyakit ini bisa terjadi karena pembesaran aorta bisa pecah sewaktu-waktu.

Hal tersebut mampu menyebabkan terjadinya pendarahan masif dan syok. Sayangnya, pembesaran aorta ini dapat terjadi tanpa gejala sama sekali. 

Konsultan Intervensi Kardiovaskular di Heartology Hospital, dr Suko Adiarto Sp.JP(K), PhD, mengatakan, saat pembuluh darah aorta terkena gangguan, ukurannya bisa membengkak, melemah dan tak mampu lagi menahan tekanan darah dari dalam. 

Dampaknya pun bisa pecah hingga berujung pada kondisi serius bahkan kematian.  

"Kondisi aneurisma ini umumnya berkembang secara lambat dan bisa terjadi selama bertahun- tahun."

"Jika aneurisma aorta masih berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala, maka hal yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan rutin melalui ultrasonografi dan pemberian obat-obatan untuk mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung ," jelasnya di Jakarta, baru-baru ini. 

Pada saat ukuran aneurisma tergolong besar dan tidak ditangani, beberapa komplikasi bisa saja muncul seperti diseksi aorta, yaitu robeknya lapisan dinding pembuluh darah aorta. 

Penanganan gangguan aorta

Dr. Suko menjelaskan, berbagai gejala yang perlu diwaspadai saat penyakit muncul, antara lain nyeri dada, nyeri punggung dan sesak napas. 

Guna mengembalikan fungsi aorta agar dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh secara normal dan menurunkan risiko pecahnya pembuluh darah aorta ada prosedur medis minimal invasif yang mampu menempatkan alat melalui lubang kecil di pangkal paha yang dikenal sebagai TEVAR (Thoracic Endovascular Aortic Repair) yang dilakukan pada rongga dada dan EVAR (Endovascular Aneurysm Repair) yang dilakukan perut. 

Metode EVAR dan TEVAR sering dilakukan sebagai tindakan minim sayatan (minimal invasive) sehingga pasien tidak memerlukan tindakan bedah (open heart), melainkan dilakukan secara intervensi cukup dengan memasang stent graft ke dalam pembuluh darah aorta. 

“Penggunaan teknologi medis terbaru sangat penting untuk memberikan pengobatan maksimal yang minimal invasive untuk segala penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk tindakan EVAR dan TEVAR. Perangkat ini terbuat dari jaring logam berlapis yang akan terbuka penuh di bawah sinar-X. Nantinya, alat tersebut mampu menguatkan aorta agar tetap terbuka dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang membentuk kantung aneurisma," jelas Dr. Suko.

Kedua prosedur ini memiliki keuntungan dibandingkan dengan tindakan open heart, seperti waktu pemulihan yang lebih cepat, risiko komplikasi yang lebih rendah, dan prosedur yang lebih sedikit invasif. 

Meski salah satu faktor pencetusnya adalah faktor genetik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit ini muncul, seperti rutin berolahraga, menjaga tekanan darah tetap normal, konsumsi makanan sehat rendah lemak dan kolesterol, hentikan kebiasaan merokok, dan juga menjaga berat badan agar tetap ideal.

Rekomendasi