Jenis-Jenis Penyakit Hati yang Dapat Mengancam Nyawa

| 20 May 2024 08:29
Jenis-Jenis Penyakit Hati yang Dapat Mengancam Nyawa
Ilustrasi (freepik)

ERA.id - Hati merupakan organ vital yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, organ ini tidak luput dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu fungsinya. Apa saja jenis-jenis penyakit hati yang dapat mengancam?

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang jenis-jenis penyakit hati yang umum menyerang. Diharapkan ketika mengetahui berbagai jenis penyakit tersebut, dapat kembali menelusuri berbagai langkah pencegahannya.

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Hati

Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa penyakit hati diantaranya hepatitis, perlemakan hati, autoimun, genetik, dan kanker. Berikut ini penjelasannya:

  1. Hepatitis

Hepatitis didefinisikan sebagai peradangan pada hati. Namun ketika peradangan disebabkan oleh virus, maka disebut sebagai hepatitis virus. Hepatitis dapat menyebabkan kerusakan hati dan membuat hati sulit berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, sebagian besar jenis hepatitis virus juga memiliki sifat menular, namun resiko tersebut dapat dikurangi dengan mendapatkan vaksinasi untuk jenis hepatitis A dan B.

Pencegahan juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan kondom selama berhubungan seks dan tidak berbagi jarum suntik.

  1. Penyakit Hati Berlemak

Penumpukan lemak di hati dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Ada dua jenis penyakit hati berlemak yang dapat muncul sendiri atau bisa saling tumpang tindih, berikut di antaranya:

  • Penyakit hati berlemak alkoholik, yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan.
  • Penyakit hati berlemak nonalkoholik, yang disebabkan oleh faktor lain yang masih dipelajari oleh para ahli.

Tanpa penanganan, kedua jenis penyakit hati berlemak dapat menyebabkan kerusakan yang mengarah ke sirosis dan gagal hati. Selain itu, pola makan dan perubahan gaya hidup lainnya dapat memperbaiki gejala dan mengurangi risiko komplikasi.

  1. Kondisi Autoimun

Kondisi autoimun melibatkan sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang sel-sel sehat dalam tubuh Anda. Beberapa kondisi autoimun melibatkan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel di hati Anda, diantaranya:

  • Hepatitis autoimun. Kondisi ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang hati Anda, yang mengakibatkan peradangan. Tanpa pengobatan, kondisi ini dapat mengarah ke sirosis dan gagal hati.
  • Sirosis bilier primer (PBC). Ini disebabkan oleh kerusakan pada saluran empedu di hati Anda, menyebabkan penumpukan empedu. PBC akhirnya dapat mengarah ke sirosis dan gagal hati.
  • Kolangitis sklerosis primer. Kondisi inflamasi ini menyebabkan kerusakan bertahap pada saluran empedu Anda. Akhirnya, saluran tersebut tersumbat, menyebabkan empedu menumpuk di hati Anda. Hal ini dapat mengarah ke sirosis atau gagal hati.
  1. Efek Obat

Kerusakan hati juga dapat terjadi karena paparan berlebihan terhadap obat-obatan dan suplemen tertentu. Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2019, kerusakan ini dapat dipulihkan setelah Anda berhenti mengkonsumsi obat tersebut. Tetapi jika berlanjut, kerusakan dapat menjadi kronis.

Kerusakan hati juga dapat terjadi karena paparan berlebihan terhadap obat-obatan (Freepik)
  1. Kanker

Kanker hati pertama kali berkembang di hati Anda. Jika kanker mulai di tempat lain dalam tubuh tetapi menyebar ke hati maka disebut sebagai kanker hati sekunder.

Jenis kanker hati yang paling umum adalah karsinoma hepatoseluler. Kanker ini cenderung berkembang sebagai beberapa bintik kecil kanker di hati Anda, meskipun juga bisa dimulai sebagai satu tumor tunggal.

Kemudian komplikasi dari penyakit hati lainnya, terutama yang tidak diobati, dapat berkontribusi pada perkembangan kanker hati.

Selain  jenis-jenis penyakit hati, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi