Teh Hijau Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan, Begini Aturan Minumnya

| 16 Apr 2024 07:00
Teh Hijau Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan, Begini Aturan Minumnya
Ilustrasi teh hijau. (Pexels)

ERA.id - Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki segudang manfaat, terutama bagi yang sedang menjalani diet. Sebab, teh jenis ini membantu proses penurunan berat badan. 

Dilansir dari Healthline, teh hijau mengandung senyawa antioksidan tinggi, yang disebut dengan katekin. Senyawa ini dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak pada tubuh, sehingga sangat bermanfaat untuk proses penurunan berat badan.

Teh hijau juga mengandung senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat merangsang produksi hormon, yang membantu proses pemecahan lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ini membuat lemak yang sudah pecah lebih cepat terbakar.

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung kafein yang dapat membantu penderita obesitas mengontrol nafsu makan yang tinggi, sehingga tidak makan berlebihan. Nafsu makan yang terkendali dapat memperlancar proses penurunan berat badan.

Meski demikian, khasiat dari teh hijau untuk diet ini bisa diperoleh dengan baik jika diminum dengan tepat dan dibarengi dengan olahraga serta pola makan yang sehat. Ketika membuat teh hijau, hindari untuk mencampurnya dengan apa pun, termasuk gula.

Minum teh hijau disarankan ketika pagi hari sebelum beraktivitas atau sebelum berolahraga. Jangan minum ketika mau tidur atau dibarengi dengan makan besar, karena akan berdampak tidak baik pada tubuh.

Rekomendasi