Latihan untuk Menguatkan Otot Usia 40 Tahun ke Atas, Ini Pilihannya

| 25 May 2024 09:12
Latihan untuk Menguatkan Otot Usia 40 Tahun ke Atas, Ini Pilihannya
Ilustrasi latihan untuk menguatkan otot usia 40 tahun ke atas. (Drazen Zigic/Freepik).

ERA.id - Olahraga saat seseorang berusia 40 tahun merupakan hal penting yang harus dilakukan. Sebab, pada usia tersebut berat badan mulai bertambah dan otot tubuh mulai mengendur. Namun, jenis dan intensitas olahraga yang dilakukan oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas berbeda dengan orang yang masih berusia muda. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui latihan untuk menguatkan otot usia 40 tahun ke atas.

Lantas apa saja olahraga atau senam yang cocok untuk usia 40 tahun? Di bawah ini adalah beberapa teknik yang bisa dilakukan, dilansir dari Healthline:

Zumba

Teknik zumba mengombinasikan dansa dan koreografi. Latihan ini bertujuan untuk membakar lemak di paha, lengan, dan perut. Penumpukan lemak pada beberapa bagian tersebut biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

Zumba yang dilakukan untuk usia di atas 40 tahun tentu berbeda gerakannya dengan usia yang lebih muda. Pada usia 40 tahun, zumba dilakukan dengan intensitas yang lebih rendah. Dengan durasi sekitar empat puluh menit.

Selain itu, latihan angkat beban juga dapat dilakukan untuk membantu mengurangi nyeri yang berkaitan dengan artritis, sebuah kondisi peradangan pada sendi.

Yoga

Yoga dapat membentuk sekaligus menambah kekuatan otot. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres.

Olahraga yang dilakukan oleh orang berusia 40 tahun ini bahkan bisa menurunkan tekanan darah, serta mencegah dan mengurangi depresi.

Jika Anda berusia 40 tahun, coba lakukan selama 10-25 menit terlebih dahulu.

Spin

Bila tidak ingin terjadi ketegangan di otot dan sendi, Anda bisa melakukan latihan ini. Tidak hanya membantu kesehatan jantung, gaya latihan ini juga bisa membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat.

Orang usia lebih dari 40 tahun dan sedang dalam program mengurangi berat badan dapat mencoba spin minimal 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu agar meraih hasil yang memuaskan.

Barre

Barre merupakan sebuah latihan yang menitikberatkan fokus pada kekuatan isometrik. Isometrik merupakan kontraksi otot ketika otot-otot tidak memanjang atau memendek, terlihat seperti tidak ada gerakan yang nyata, tetapi di dalam otot ada ketegangan.

Semua tenaga yang dikeluarkan oleh otot akan berubah menjadi panas. Latihan ini bisa meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Keduanya bermanfaat untuk menangkal cedera dan rasa nyeri.

Olahraga ini dapat dilakukan sekitar tiga puluh menit.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling murah, mudah, dan dapat dilakukan oleh hampir semua orang. Aktivitas fisik ini bisa dijadikan pilihan yang ideal sebagai olahraga untuk usia 40 tahun ke atas.

Pilates

Orang yang mempunyai keluhan nyeri di seluruh badan dapat mencoba kelas pilates. Manfaat pilates yaitu membantu memperkuat otot yang lemah dan mencegah cedera.

Pilates juga bermanfaat untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul, serta mengurangi nyeri punggung bagian bawah. Orang dengan usia 40 tahun bisa melakukan olahraga ini sekitar 20 menit dalam 1 kali sesi latihan.

Berenang

Olahraga ini ideal untuk orang yang berusia 40 tahun. Aktivitas ini termasuk olahraga aerobik yang bisa meningkatkan kapasitas paru-paru, berguna untuk kardio, dan tidak membebani sendi.

Berenang di usia 40 bisa dilakukan sekitar 30 menit. Namun, gerakannya bisa dilakukan lebih ringan.

Latihan dengan Dumbell

Dumbell adalah alat bantu olahraga yang ekonomis dan mudah dicari. Ada berbagai variasi gerakan yang dapat dilakukan dengan dumbell, khususnya untuk melatih otot tangan.

Strength training ringan berguna untuk menjaga massa otot yang mulai menurun seiring pertambahan usia. Praktikkan minimal 20 menit sebanyak 2 kali seminggu, kemudian bisa ditambah waktunya sesuai kemampuan.

Ilustrasi latihan dumbell (dok. Unsplash).

Bersepeda

Bersepeda juga bisa menjadi pilihan olahraga yang bagus untuk umur 40 ke atas. Kegiatan ini juga sangat menyenangkan dan dapat dilakukan bersama-sama.

Namun, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri saat mengayuh. Sesuaikanlah dengan kemampuan fisik. Anda dapat melakukannya sekitar 15-20 menit.

Demikianlah beberapa teknik latihan untuk menguatkan otot usia 40 tahun ke atas. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi