Batas Makan Malam Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

| 27 Jun 2024 08:32
Batas Makan Malam Ibu Hamil yang Perlu Diketahui
Ilustrasi ibu hamil (Freepik-senivpetro)

ERA.id - Menurut Anda, apakah Ibu hamil boleh melakukan diet? Jika memang diperbolehkan, lantas diet seperti apakah yang seharusnya dijalani? Sebenarnya diet tidak dianjurkan bagi Ibu yang sedang hamil. Namun lebih tepatnya, agar tidak kelebihan berat badan pasca melahirkan, ibu hanya disarankan untuk menjaga pola makan dan aktivitas yang seimbang. Selain itu, ibu hamil juga diharuskan menjaga batas makan malam. Kira-kira, kapan batas makan malam ibu hamil?

Batas Makan Malam Ibu Hamil

Hindari makan sebelum Anda tidur, sebab tidur setelah makan akan menumpuk lemak visceral yang berbahaya bagi tubuh. Inilah yang mengakibatkan berat badan Anda cepat naik. Oleh karena itu, Anda disarankan makan sebelum jam 7 malam.

Kenaikan berat badan yang normal pada Ibu hamil umumnya sebesar 12 hingga 14 kilogram, jika lebih dari angka tersebut, berarti ibu hamil mengonsumsi kalori berlebih. Namun, lagi-lagi disarankan agar Ibu hamil tidak harus diet, dan cukup mengatur kembali pola makan yang benar dan tepat. Selain itu, agar terhindar dari obesitas, ibu hamil disarankan untuk menjalani tips di bawah ini:

Ilustrasi batas makan malam ibu hamil. (Pixabay)

Tips untuk Ibu Hamil Agar Terhindar dari Obesitas

  • Anda bisa makan sehari 5-6 kali dengan porsi yang kecil, selain itu Anda dapat mengisi asupan nutrisi secara lengkap. Sebagai contoh, pada pagi hari sarapan susu dan telur rebus untuk memenuhi kebutuhan protein.
  • Menjelang siang, Anda dapat mengisi karbohidrat dengan sandwich. Siang hari Ibu bisa memenuhi asupan vitamin dan serat dengan buah-buahan. Pada sore hari, Anda dapat mengonsumsi cemilan sehat seperti jagung rebus, pisang rebus, ubi rebus, dan lainnya. Selain itu, lakukan food combining dengan pola yang bermacam-macam agar Anda tidak bosan.
  • Olahraga ringan seperti berenang dan jalan kaki santai adalah olahraga yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Anda yang tidak beraktivitas akan cenderung mudah bosan dan hanya mengisi waktu dengan banyak menonton televisi atau membaca majalah. Beraktivitas ringan dengan membersihkan rumah dan memasak juga dapat membakar banyak kalori.
  • Selain itu, ada juga cara yang bisa dipraktikkan untuk menjaga berat badan selama masa kehamilan, yaitu olahraga. Dengan rutin melakukan olahraga, Anda akan selalu bugar dan tidak perlu merasa khawatir tubuh menjadi gemuk.

Agar keinginan untuk makan di tengah malam dapat dikurangi, Anda dapat melakukan cara-cara berikut:

  • Konsumsi makanan penunda lapar pada malam hari, tepatnya beberapa jam sebelum Anda tidur.
  • Nikmati makanan beberapa jam sebelum Anda tidur. Hal ini akan membantu Anda mengurangi rasa lapar di tengah malam.
  • Minum teh hangat. Teh hangat dapat membantu mengurangi rasa lapar di malam hari
  • Tidur lebih awal, misalnya jam 10 atau jam 11 malam agar tidak merasakan lapar di malam hari.
  • Sikat gigi. Kebiasaan ini akan menjadikan Anda menunda rasa lapar di malam hari secara naluriah.

Satu hal yang harus Anda perhatikan, kehamilan merupakan sebuah masa dimana Anda memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Hal ini penting untuk cadangan tenaga Anda. Tenaga untuk membawa bayi dalam kandungan dan juga tenaga saat melakukan persalinan. Jika Anda khawatir tubuh tidak proporsional lagi setelah hamil, Anda dapat menjalankan diet dan olahraga setelah melahirkan.

Demikianlah ulasan mengenai batas makan malam ibu hamil yang dianjurkan dan bisa diterapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi