Pemulihan Setelah Lepas Pen pada Pasien Patah Tulang

| 30 Jun 2024 18:06
Pemulihan Setelah Lepas Pen pada Pasien Patah Tulang
Pemulihan setelah lepas pen (freepik)

ERA.id - Patah tulang merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Setelah melewati proses penyembuhan dengan pemasangan pen, Anda masih harus melakukan pemulihan setelah lepas pen.

Pada fase ini Anda lagi-lagi harus melalui pemulihan. Hal tersebut wajib Anda lakukan agar  kembali mendapatkan fungsi dan mobilitas penuh pada area yang sebelumnya patah.

Pemulihan Setelah Lepas Pen

Setelah Anda menjalani operasi untuk menghilangkan perangkat ortopedi seperti sekrup logam, pen atau pelat, Dokter Anda akan merekomendasikan tahapan pemulihan. Dilansir dari laman Ventura Orthopedics, berikut beberapa di antaranya:

  1. Aktivitas

Istirahat yang cukup dan pastikan untuk beristirahat ketika Anda merasa lelah. Tidur yang cukup akan membantu Anda pulih. Hindari menggunakan atau memberi beban pada area dimana perangkat telah diangkat sampai dokter Anda mengatakan itu aman.

Selain itu, tingkatkan aktivitas Anda sesuai dengan rekomendasi dokter. Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah dan membantu mencegah pneumonia dan sembelit. Biasanya, Anda boleh berolahraga bagian tubuh lainnya segera setelah Anda merasa cukup baik.

Anda juga perlu mengambil cuti dari pekerjaan. Hal ini tergantung pada jenis pen yang diangkat, lokasinya, dan alasan pengangkatannya. Juga tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan.

  1. Diet

Anda seharusnya bisa makan makanan normal Anda. Jika perut Anda merasa tidak nyaman, cobalah makanan yang lembut dan rendah lemak seperti nasi putih, ayam panggang, roti panggang, dan yogurt.

  1. Obat-obatan

Anda akan diberikan resep obat penghilang rasa sakit ketika Anda siap untuk meninggalkan rumah sakit. Biasanya, dokter akan meresepkan hydrocodone, hydromorphone, atau oxycodone.

Selain itu, Anda mungkin juga diberikan resep obat antiinflamasi Toradol (ketorolac) yang akan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Jika tidak, Anda bisa menggunakan obat antiinflamasi yang dijual bebas seperti Ibuprofen (Advil, Nuprin, dll.).

Kemudian tylenol biasa diperbolehkan jika Anda tidak memiliki penyakit hati, karena  mengandung acetaminophen.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel seputar dunia ortopedi yang membahas Apa Itu Fraktur Servikal?

Obat-obatan yang dikonsumsi pasien lepas pen (freepik)
  1. Perawatan Luka

Operasi akan melibatkan pembukaan kembali insisi asli dari pemasangan dan menghilangkan jaringan parut yang terbentuk di atas perangkat. Setelah perangkat diangkat atau diganti, ahli bedah akan menutup kembali luka tersebut.

Jika Anda memiliki jahitan, dokter akan memberi tahu kapan untuk melepasnya. Jika Anda memiliki lem kulit pada potongan (insisi), biarkan hingga lepas dengan sendirinya.

Namun jika Anda tidak menggunakan gips, bersihkan insisi dua kali sehari setelah perban dilepas. Gunakan hanya sabun dan air untuk membersihkan insisi kecuali dokter memberikan petunjuk berbeda.

Jangan gunakan hidrogen peroksida atau alkohol untuk pembersihan luka, karena dapat memperlambat penyembuhan.

  1. Olahraga

Lakukan latihan yang diinstruksikan oleh dokter atau terapis fisik Anda. Latihan akan membantu menjaga otot Anda kuat dan sendi Anda fleksibel selama tulang Anda sembuh.

Selain itu, selalu goyangkan jari tangan atau jari kaki pada lengan atau kaki yang cedera sesering mungkin. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kekakuan.

  1. Kebersihan

Jangan mandi selama 1 atau 2 hari setelah operasi. Saat Anda mandi, jaga agar balutan dan insisi tetap kering. Jika Anda digips, tempelkan selembar plastik untuk menutupinya agar tidak basah.

Jangan berendam, berenang, menggunakan bak air panas, atau merendam area yang dijahit sampai insisi Anda sembuh. Proses ini biasanya memakan waktu 1 hingga 2 minggu.

Selain pemulihan setelah lepas pen, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi