7 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas, Jangan Panik

| 21 Jul 2024 15:30
7 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas, Jangan Panik
Ilustrasi cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas (Freepik)

ERA.id - Jantung berdetak kencang diikuti badan lemas pernah dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti aktivitas yang dilakukan, stres, kurang tidur, dehidrasi, dan karena mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Biasanya kondisi tersebut akan membaik dengan sendirinya dan tidak berarti menandakan masalah kesehatan yang serius. Namun ketika mengalami jantung berdebar kencang tiba-tiba, mungkin Anda akan panik sekaligus bingung. 

Anda mungkin mengkhawatirkan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika detak jantung lebih kencang dari biasanya. Apalagi dibarengi dengan badan yang terasa lemas, makin membuat Anda bertanya-tanya. 

Meski terkadang sebagai hal biasa, namun jantung yang tiba-tiba berdetak lebih cepat dibarengi badan lemas bisa mengindikasikan gejala penyakit serius. Misalnya kondisi tersebut menjadi gejala serangan jantung. 

Namun sebaiknya jangan langsung cemas atau parno begitu mengalaminya. Ada beberapa cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas yang perlu Anda tahu ketika dalam kondisi ini.

Ilustrasi cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas (Freepik)

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas

Jantung berdegup lebih cepat dari biasanya disertai badan lemas umumnya bisa kembali membaik dengan sendirinya. Jika ternyata dalam beberapa waktu kondisi tersebut bisa reda, maka Anda tidak perlu melakukan perawatan atau pengobatan khusus. 

Namun jika Anda ingin kondisi jantung kembali berdebar dengan ritme normal, tak ada salahnya melakukan beberapa metode untuk mengatasinya. Berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jantung yang berdebar kencang dan badan terasa lemas:

Lakukan Relaksasi

Jantung yang berdebar kencang disertai badan lemas bisa disebabkan oleh stres atau kecemasan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba kegiatan relaksasi seperti yoga dan meditasi.

Menghindari Stimulan

Konsumsi minuman beralkohol, berkafein, dan obat-obatan terlarang bisa menyebabkan jantung berdebar dan badan lemas. Menghindari minuman berkafein, alkohol, dan obat-obatan terlarang dapat membantu mengatasi kondisi ini.

Ganti Jenis Obat yang Dikonsumsi

Beberapa jenis obat, seperti obat batuk, dapat menyebabkan jantung berdebar dan badan lemas. Jika mengalami kondisi ini setelah mengonsumsi obat tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menghentikan penggunaannya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan dapat mengganggu keseimbangan kadar gula darah sehingga menyebabkan jantung berdebar dan badan lemas. Hindarilah makanan dengan pemanis tambahan dan pilih makanan yang lebih bernutrisi seperti buah segar dan sayuran.

Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya merusak kesehatan, tetapi juga dapat menyebabkan irama denyut jantung tidak teratur dan mengurangi energi tubuh. Bagi yang memiliki kebiasaan merokok, disarankan untuk berhenti demi menjaga kesehatan tubuh.

Minum Air Putih

Dehidrasi dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga irama denyut jantung menjadi lebih cepat dan badan terasa lemas. Selain minum segelas air putih, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian sebanyak delapan gelas per hari.

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih atau obesitas membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Menjaga berat badan ideal sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum dan mendukung kesehatan jantung.

Kapan Harus ke Dokter ketika Jantung Berdebar Lebih Kencang?

Jantung yang berdegup kencang dan badan lemas bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan tertentu. Jika Anda sering mengalami kondisi ini disertai gejala lain, seperti pusing, merasa akan pingsan, kesulitan bernapas, dan nyeri dada, segeralah mencari bantuan medis.

Demikianlah beberapa cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas yang perlu Anda tahu. Apabila Anda tidak memiliki riwayat penyakit, maka biasanya kondisi tersebut tidak menandakan masalah kesehatan yang serius dan bisa membaik sendiri.

Namun jika kondisi berlangsung lama dan tidak kunjung membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Baca juga jalan kaki untuk menjaga kesehatan jantung.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi