Tips Persiapan Marathon Bagi Pelari Pemula

| 23 Jul 2024 07:05
Tips Persiapan Marathon Bagi Pelari Pemula
Ilustrasi lari marathon (Freepik/4pmphoto)

ERA.id - Lari menjadi salah satu olahraga favorit, karena mudah dan fleksibel untuk dilakukan. Lari kini menjadi euforia tersendiri di kalangan masyarakat dari berbagai kalangan usia. Tak heran, banyak ajang-ajang olahraga, seperti fun run hingga marathon.

Kendati mudah, olahraga lari jangan disepelekan. Sebab, ada bahaya yang mengancam jika dilakukan asal-asalan. Apalagi, para pelari pemula ingin ikut lari maraton untuk pertama kalinya. Maka dari itu, perlu persiapan khusus sebelum mengikutinya.

Veddy Jonatan, CEO iRace Indonesia menyarankan pelari pemula agar tidak membawa banyak barang ketika ikut marathon. Apabila sudah terlanjur membawa barang, sebaiknya dititipkan agar mencegah dari pencurian dan lebih praktis.

"Pertama, buat lari yang pertama kali jangan banyak-banyak bawa barang di penitipan," ujar Veddy, saat ditemui di FX Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu (21/7/2024).

(Era.id/Adelia Hutasoit)

Sebelum lari, sebaiknya para pelari harus pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini umumnya dalam bentuk gerakan kardio ringan dan peregangan. Selain pemanasan, pemenuhan nutrisi dan hidrasi ini sangat penting bagi aktivitas yang memerlukan energi besar.

Menurutnya, para pelari pemula sebaiknya mencoba jarak 5 km sebelum  full marathon. Secara umum 5k merupakan lomba lari jarak jauh terpendek, kemudian ada lagi 10K, half-marathon (21.1km), hingga akhirnya lari full-marathon (42.2km).

"Pemanasan, diperhatikan hidrasi tetap baik. Untuk lari pemulanya, lihat-lihat rutenya. Jangan 10k, tapi 5k dulu," kata Veddy.

Veddy mengatakan Guardian Run 2024 akan diselenggarakan pada Minggu, 22 September 2024 di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Jakarta. Kali ini, Guardian Run membuka pendaftaran untuk kategori 5k dan 10k dengan menargetkan 5.500 peserta.

Acara olahraga ini akan membuat para pelari berkesan, terstruktur, aman, dan terpercaya. Tahun ini Guardian Run dibalut dengan konsep yang sedikit berbeda dengan kategori lari yang lebih menantang, dan rute lari yang baru.

Selain itu, tersedia alur pendaftaran dan pengambilan race pack yang memudahkan peserta, rute lari yang aman, tenaga medis yang lengkap, water station yang memadai, hingga fasilitas pendukung lainnya seperti ruang ganti, toilet, dan tempat penitipan barang.

"Dari sisi kesehatan juga harus aware. Kita ikut Guardian Run, dilihat kodisi sehat atau nggak. Saat pendaftaran kondisi harus checklist. Selain itu, ini tercover dengan asuransi. Ini fun run," bebernya;

"Kita memproteksi diri supaya nggak ada hal-hal tak diinginkan. Kami akan taruh water station dalam 1 km. Selain water station, ada medisnya, ambulans dan dokter. Kalau ada apa-apa pertolongan pertama lebih cepat. Selain ambulans, ada dokter ahlinya yang bersiap siaga. Kita lebih cepat menanganinya," tambah dia.

Rekomendasi