Kelompok Orang yang Dianjurkan Minum Vitamin B, Anda Salah Satunya?

| 23 Jul 2024 23:00
Kelompok Orang yang Dianjurkan Minum Vitamin B, Anda Salah Satunya?
Kelompok orang yang dianjurkan minum vitamin b (freepik)

ERA.id - Vitamin B merupakan vitamin yang penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme energi, fungsi saraf, dan kesehatan kulit. Namun tahukan Anda, terdapat kelompok orang yang dianjurkan minum vitamin B?

Vitamin B menjadi penting, karena jika kekurangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, anemia, dan depresi.

Orang-orang sendiri cenderung mengkonsumsi vitamin B untuk meningkatkan energi dan mengurangi stres.

Medical News Today mencatat ada delapan jenis vitamin B, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk tubuh. Jenis-jenis vitamin B tersebut adalah:

  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Vitamin B-6
  • Niasin
  • Biotin
  • Vitamin B-12
  • Asam folat
  • Asam pantotenat

Mengenal Kelompok Orang yang Dianjurkan Minum Vitamin B

Dilansir dari jurnal penelitian yang berjudul “Manifestations and Measurement of Food Insecurity” kekurangan vitamin B sangat umum terjadi di banyak negara berkembang, terutama di mana diet rendah produk hewani, buah, dan sayuran.

Wanita hamil dan menyusui, bayi, dan anak-anak adalah kelompok yang paling berisiko mengalami kekurangan vitamin B. Berikut ini gejala-gejala kekurangan berbagai jenis vitamin B beserta penjelasannya:

  • Tiamin (Vitamin B1)

Kekurangan tiamin yang parah dapat mengakibatkan kondisi “beri-beri”, gagal jantung yang berpotensi fatal atau neuropati perifer.

  • Riboflavin (Vitamin B2)

Gejala awal kekurangan dapat meliputi kelemahan, kelelahan, nyeri mulut, mata terbakar, dan gatal. Kekurangan yang lebih lanjut dapat menyebabkan disfungsi otak.

  • Niasin (Vitamin B3)

Kekurangan niasin dapat mengakibatkan “pellagra”, dengan gejala berupa ruam kulit, bersama dengan muntah, diare, depresi, kelelahan, dan kehilangan ingatan.

  • Piridoksin (Vitamin B6)

Gejala kekurangan yang parah termasuk gangguan neurologis (kejang epilepsi), perubahan kulit, dan kemungkinan anemia.

  • Folat (Vitamin B9)

Folat berperan penting dalam perkalian sel dan pertumbuhan jaringan. Kekurangan folat meningkatkan risiko cacat tabung saraf, kondisi yang diperkirakan mempengaruhi 300.000 bayi baru lahir setiap tahun (WHO & FAO, 2006).

Selain itu, kekurangan folat juga dapat menyebabkan gangguan fungsi kognitif pada orang dewasa. Kondisi kekurangan ini sering dikaitkan dengan populasi yang mengonsumsi banyak sereal dalam diet mereka, yang rendah folat, dan sedikit sayuran berdaun hijau serta buah-buahan, yang kaya akan folat.

  • Kobalamin (Vitamin B12)

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kemunduran neurologis, anemia megaloblastik, dan kemungkinan gangguan fungsi imun. Kekurangan ini dapat secara parah menunda perkembangan bayi dan anak kecil.

Vitamin B sebaiknya dikonsumsi kapan (freepik)

Vitamin B sebaiknya dikonsumsi kapan?

Umumnya Anda akan aman mengkonsumsi beberapa vitamin B sekaligus. Perlu diketahui, terdapat vitamin B kompleks yang merupakan kombinasi dari jumlah harian masing-masing vitamin B.

Dilansir dari Medical News Today, karena kemampuannya meningkatkan energi, waktu terbaik untuk mengkonsumsi vitamin B adalah setelah bangun tidur.

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin B-6 mungkin dapat mengganggu tidur dan menyebabkan mimpi buruk. Untuk menghindari efek samping ini, sebaiknya konsumsi vitamin B di pagi hari.

Meskipun suplemen vitamin B aman untuk dikonsumsi, namun akan lebih bermanfaat jika mendapatkan nutrisi ini dari sumber makanan.

Selain kelompok orang yang dianjurkan minum vitamin b, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi