Arti Warna Gelang Pasien Rumah Sakit yang Harus Diketahui

| 13 Aug 2024 20:02
Arti Warna Gelang Pasien Rumah Sakit yang Harus Diketahui
Ilustrasi arti warna gelang pasien rumah sakit. (Pixabay)

ERA.id - Ketika Anda berstatus sebagai pasien di rumah sakit, pada umumnya, tenaga medis akan memasangkan gelang yang menerangkan informasi data diri Anda sebagai pasien. Namun, gelang ini bukan sekadar berisi data diri, melainkan juga terdiri dari berbagai warna dan arti khusus. Lantas apa arti warna gelang pasien rumah sakit dan fungsinya? Simak ulasannya di bawah ini.

Arti Warna Gelang Pasien Rumah Sakit

Pada umumnya, gelang harus berisi tiga informasi penting, antara lain nama, tanggal lahir, dan nomor rekam medis.

Gelang ini akan langsung dipasangkan pada pasien setelah dokter menyarankan rawat inap ataupun rawat jalan jika memang dibutuhkan.

Selanjutnya, gelang akan dipasang di pergelangan tangan yang dominan. Namun, jika tidak memungkinkan, tenaga medis akan memasangkan gelang pasien tersebut pada pergelangan kaki.

Setiap akan menerapkan prosedur medis tertentu, petugas kesehatan akan bertanya nama dan tanggal lahir pasien, dan menyesuaikan pada informasi yang tertera di gelang.

Hal tersebut dilakukan misalnya saat mengambil darah atau spesimen, memberikan obat, maupun tindakan medis yang lain.

Ilustrasi. (Pixabay)

Tindakan ini dilakukan untuk menghindari kesalahan identifikasi pasien yang nantinya berakibat fatal jika pasien menerima prosedur medis yang tidak tepat.

Berikut ini adalah aturan pemberian jenis gelang pasien yang biasanya dilakukan oleh fasilitas kesehatan.

  • Kuning: pasien memiliki risiko jatuh atau fall risk.
  • Merah: pasien memiliki alergi tertentu.
  • Ungu: gelang berwarna ungu berarti DNR (do not resuscitate) atau pasien menolak untuk diberikan tindakan medis.
  • Merah muda: menunjukkan pasien berjenis kelamin perempuan.
  • Biru: untuk identifikasi pasien berjenis kelamin laki-laki.
  • Putih: untuk pasien dengan kelamin ganda.
  • Hijau: pasien alergi lateks.
  • Abu-abu: gelang abu-abu dipasangkan oleh petugas medis ketika melibatkan banyak korban. Gelang abu-abu atau disebut dengan multiple victim diberikan pada beberapa pasien yang sudah bisa diidentifikasi identitasnya.

Apa Fungsi Gelang Warna pada Pasien?

Pemberian gelang warna pasien bertujuan untuk memastikan ketepatan pasien yang akan mendapatkan layanan atau tindakan medis.

Mengutip The Joint Commision, gelang ini adalah penerapan dari prinsip keselamatan pasien yang menjadi prioritas pelayanan fasilitas kesehatan.

Gelang warna juga memiliki fungsi sebagai berikut.

Keamanan pasien

Warna gelang pasien membantu memberikan kepastian keamanan pasien dengan memberikan cara mudah untuk mengidentifikasi pasien yang berada di fasilitas kesehatan.

Identifikasi gelang ini tentunya bisa mengurangi risiko kesalahan perawatan, pemberian obat yang salah, atau tindakan medis yang salah.

Identifikasi pasien

Gelang pasien berfungsi untuk mengidentifikasi pasien yang mencakup informasi seperti nama lengkap, nomor rekam medis, dan kode identifikasi unik lainnya.

Identifikasi yang akurat dan cepat dibutuhkan agar pasien menerima perawatan yang tepat dan aman.

Manajemen informasi medis

Gelang pasien sering kali berisi informasi medis penting, misalnya alergi terhadap obat, kondisi medis khusus, atau instruksi khusus untuk perawatan tertentu.

Informasi dalam gelang pasien ini dapat menjadi tanda yang berfungsi dalam membantu tim medis memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Kepercayaan pasien pada rumah sakit

Gelang pasien juga dapat digunakan sebagai simbol kepercayaan pasien pada rumah sakit. Dengan kata lain, gelang ini menegaskan bahwa pengobatan atau tindakan yang diberikan rumah sakit tidak akan tertukar dengan pasien lainnya.

Gelang pasien pada umumnya terdiri dari dua jenis bahan, yaitu yang berbahan dasar plastik dengan kancing serta yang berbahan dasar kertas dengan barcode atau stiker khusus.

Barcode pada gelang umumnya berisi banyak informasi tentang pasien. Contohnya, jenis obat yang diberikan, dokter yang menangani, riwayat medis, dan lainnya.

Manajemen pasien

Warna gelang pasien juga bisa digunakan dalam manajemen pasien di rumah sakit, termasuk identifikasi status pasien. Contohnya pasien rawat inap, pasien poliklinik, atau pasien darurat.

Selain itu, gelang pasien juga dapat memberikan informasi tahapan tertentu dalam perawatan yang diterima oleh pasien.

Demikianlah ulasan tentang arti warna gelang pasien rumah sakit yang bisa kita ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi