Alasan Orang Bau Ketiak Tidak Sadar Diri, Ini Penyebabnya

| 31 Aug 2024 23:09
Alasan Orang Bau Ketiak Tidak Sadar Diri, Ini Penyebabnya
Kenapa orang yang bau ketiak tidak sadar (freepik)

ERA.id - Bau badan memang cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman orang sekitar. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa sebagian orang tidak menyadari jika mereka memiliki bau ketiak yang menyengat?

Menariknya, fenomena bau badan ternyata cukup umum dan memiliki beberapa penjelasan ilmiah. Bau badan, terutama pada area ketiak, seringkali menjadi masalah yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Pertanyaanya, mengapa kita sulit mendeteksi bau badan sendiri? Mari kita bahas lebih dalam tentang mekanisme penciuman manusia dan faktor-faktor lain yang berperan.

Penyebab bau ketiak

Dilansir dari Healthline, ketiak berbau ketika keringat Anda bersentuhan dengan bakteri pada kulit Anda. Selain itu, bau dari ketiak dipengaruhi oleh dua kelenjar yang terdapat dalam tubuh manusia, yaitu:

  • Kelenjar eccrine: menutupi sebagian besar tubuh Anda dan terbuka langsung di permukaan kulit.
  •  Kelenjar apocrine: terjadi di area yang mengandung banyak folikel rambut, seperti selangkangan dan ketiak. Alih-alih terbuka ke permukaan kulit, kelenjar apocrine mengalir ke folikel rambut dan kemudian terbuka ke permukaan.

Ketika tubuh Anda memanas, kelenjar eccrine mengeluarkan keringat yang mendinginkan tubuh Anda. Biasanya tidak berbau sampai bakteri pada kulit Anda mulai memecahnya.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar

Kemudian makanan dan minuman tertentu yang telah Anda konsumsi, serta jenis obat-obatan tertentu, juga dapat menyebabkan keringat eccrine mengeluarkan bau.

Menariknya, kelenjar apocrine bekerja terutama di bawah stres dan mengeluarkan cairan yang tidak berbau. Cairan ini mulai mengeluarkan bau ketika bersentuhan dengan bakteri pada kulit Anda.

Meskipun terbentuknya kelenjar apocrine normal, ada kondisi beberapa orang berkeringat lebih dari biasanya. Kondisi ini disebut hiperhidrosis, ketika berkeringat berlebihan, terutama dari tangan, kaki, dan ketiak.

Apa penyebab bau ketiak (freepik)

Kenapa orang yang bau ketiak tidak sadar?

Dalam kasus-kasus tertentu, ada kemungkinan Anda mungkin mengeluarkan bau badan tanpa menyadarinya, tetapi sebenarnya hal ini cukup sulit untuk diketahui.

Perlu diketahui, hidung manusia dapat mendeteksi lebih dari satu triliun bau yang berbeda, tetapi tidak begitu baik dalam mencium bau tubuh sendiri.

Dengan demikian, selalu ada kemungkinan bahwa Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap dan tidak menyadarinya. Jika itu menjadi kekhawatiran Anda, berikut cara untuk mengetahuinya dengan pasti.

Jika Anda hanya menurunkan hidung dan mencium udara di sekitar tubuh Anda, kemungkinan besar Anda tidak akan mendeteksi bau tubuh Anda sendiri.  Anda mungkin menganggap semuanya baik-baik saja dan melanjutkan hari.

Faktanya, sangat sulit untuk mencium bau diri sendiri, bahkan jika bau tersebut tidak sedap. Reseptor di hidung Anda yang biasanya merespons bau khas Anda sendiri hampir tidak aktif setelah terpapar bau yang sama terlalu lama. Pada dasarnya, hidung Anda menjadi kebas terhadap bau sendiri.

Selain itu, bisa jadi lingkungan berpengaruh ketika ada bau Lain yang Lebih Dominan. Di lingkungan sekitar kita, seringkali terdapat banyak bau lain yang lebih kuat, seperti parfum, asap rokok, atau bau makanan. Bau-bau ini dapat menutupi atau mengaburkan bau badan kita sendiri.

JIka Anda berada di ruangan tertutup, seperti kamar atau mobil, bau badan dapat terperangkap dan menjadi lebih kuat. Namun, jika Anda berada di dalam ruangan tersebut dalam waktu yang lama, maka Anda Mungkin tidak menyadari perubahan bau tersebut.

Selain kenapa orang yang bau ketiak tidak sadar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi